Workshop dan Pendampingan PKM Dalam Upaya Optimalisasi Program Kreativitas Mahasiswa

Hijri Juliansyah, Cut Putri Mellita Sari, Umaruddin Usman

Abstract


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) telah menjadi landasan utama bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi kreatif dan inovatif mereka di berbagai bidang ilmu. Namun, untuk menghasilkan karya berkualitas dalam PKM, keterampilan menulis karya ilmiah menjadi esensial. Workshop dan pendampingan memainkan peran penting dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam mengasah kemampuan menulis karya ilmiah. Kegiatan ini menyoroti upaya optimalisasi program kreativitas mahasiswa melalui pelaksanaan workshop dan pendampingan penulisan karya ilmiah. Tujuannya adalah mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam PKM serta meningkatkan kualitas karya yang dihasilkan. Workshop memberikan platform untuk memperkenalkan pengetahuan dan teknik penulisan yang efektif, sementara pendampingan memberikan bimbingan individual untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa. Evaluasi terhadap efektivitas program dilakukan untuk menilai dampak workshop dan pendampingan terhadap peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa. Hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah PKM, minat terhadap PKM, dan kualitas karya yang dihasilkan. Selain itu, partisipasi dalam workshop dan mendapatkan pendampingan juga meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam mengekspresikan ide kreatif mereka dan mengatasi hambatan dalam menulis. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penerapan workshop dan pendampingan dalam mendukung mahasiswa mengembangkan keterampilan menulis karya ilmiah. Hal ini juga menyoroti perlunya dukungan institusi pendidikan untuk menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan program ini secara efektif. Dengan demikian, workshop dan pendampingan penulisan karya ilmiah memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas program kreativitas mahasiswa dan membentuk mahasiswa yang lebih kompetitif di dunia akademik dan profesional.


Keywords


Program Kreativitas Mahasiswa, Workshop, Pendampingan, Proposal PKM

Full Text:

PDF

References


Ie, M., & Tunjungsari, H. K. (2020). Kreativitas dan Inovasi Bidang Kerajinan untuk Mengembangkan Jiwa Wirausaha Siswa Creativity and Innovation in Making Handicraft Products for Developing Students Entrepreneurship Spirit. 4(1), 93–100.

Kurniawan, D. T., Swadaya, U., Jati, G., Lokal, K., & Pjbl, M. (2017). Penggunaan Model Pjbl Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. 2(2), 207–220.

Lie, D., Nainggolan, L. E., & Nainggolan, N. T. (2022). Improving Literacy And Numeracy Of Students In Elementary And Junior High School Through Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). 325–329.

Manurung, S. L., Frisniory, S., Afrizon, R., Sari, S. Y., & Simorangkir, M. (2019). The applying of KKNI-based textbooks as productivity facilities student creativity program The applying of KKNI-based textbooks as productivity facilities student creativity program. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012115

Marthaulina, M., Siahaan, L., Tae, L. F., & Disnawati, H. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru Sekolah Menengah di Kefamenanu , Nusa Tenggara Timur Training and Mentoring of Conducting Scientific Article for Middle School Teachers at Kefamenanu , East Nusa Tenggara. 5(x), 49–60.

Putri, R. S., & Mustofa, A. (2022). Student Motivation to Follow the Student Creativity Program. 5(2), 351–360.

Sukarma, I. K., & Azmi, I. (2023). Pendampingan Penulisan Proposal Bidang Riset Eksakta pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa. 3(1), 37–43. https://doi.org/10.35746/bakwan.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v3i1.16073

Article Metrics

 Abstract Views : 75 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)