Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Pada Masyarakat Gampong Krueng Seunong

Noviami Trisniarti, Nurainun Nurainun, Heriyana Heriyana, Arya Pratama Pasi, Desy Nurul Mawaddah

Abstract


Gampong Krueng Seunong berada di Blang Kieng Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.  Berdasarkan hasil observasi lapangan didapatkan informasi bahwa Gampong Krueng Seunong memiliki potensi lokal berupa lahan kebun kelapa sawit yang menjadikan petani sawit, buruh dan wirausaha sebagai mata pencaharian penduduknya serta mayoritas ibu-ibu rumah tangga bekerja di rumah sehingga memiliki banyak waktu luang. Tingginya tingkat pengeluaran biaya sehari-hari dan keluhan penghasilan dari suami yang kurang mencukupi kebutuhan merupakan permasalahan yang ditemui saat observasi lapangan. Penyebab dari hal ini adalah minimnya pengetahuan dan wawasan yang dapat digunakan untuk mengembangkan sumber daya atau potensi yang dimiliki.  Hal ini juga disebabkan sebagian masyarakat yang hanya menghabiskan waktu dengan mengerjakan pekerjaan rumahan saja secara rutin. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah melibatkan dan mendorong perempuan terutama ibu-ibu rumah tangga dan remaja perempuan terlibat dalam kegiatan produktif berupa pelatihan keterampilan dan motivasi usaha. Pelatihan pembuatan sabun cuci dilakukan agar masyarakat dapat membuat sabun cuci piring sendiri untuk memenuhi kebutuhan, mengurangi pengeluaran masyarakat untuk pembelian sabun dengan harga yang mahal serta dapat dijadikan sebagai industri rumah tangga untuk peluang usaha jika diproduksi secara masal. 


Keywords


Pelatihan, Sabun Cuci Piring, Krueng Seunong

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Paramita, V., Kusumayanti, H., Wahyuningsih, W., Sembiring, M., & Rani, D. E. (2018). Produksi sabun cuci piring sebagai upaya peningkatkan efektivitas dan peluang wirausaha. Metana, 14(1), 15-18.

Ansori, P. B., Febrina, D., Wicara, D. G., Dewi, D. S., & Nurhayana, N. (2024). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Pada ibu-ibu Arisan RT 08 RW 11 Kelurahan Sidomulyo Barat Pekanbaru:-. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 3(1), 14-20.

Arwati, I. G. A., Anggraini, R. (2016). Penyuluhan Pembuatan Pencuci Piring Ramah Lingkungan di Wilayah Jakarta Barat, Jurnal Abdi Masyarakat, Jilid 2, No 1, 25-30.

Prima, D. S., Lamhot, M. A., Raja, G. A., Audry, F., Elisa, S. D., Samuel, S. D., Helmina, S. (2023). Sosialisasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Hand Made dengan Sensasi Aroma Buah. . Maspul Journal Of Community Empowerment, 181-186.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v3i1.16072

Article Metrics

 Abstract Views : 47 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)