Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perempuan Melalui Keterampilan Dekorasi Sirih Pengantin Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Fadhilah Fadhilah, Laili Suhairi, Yuli Heirina Hamid, Fanny Nailufar

Abstract


Peran perempuan dalam pembangunan merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Perempuan sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki berbagai potensi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam pembangunan bangsa. SDM perempuan perlu diberdayakan dengan memberikan skill atau kecakapan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dengan keterampilan yang dimiliki maka SDM perempuan akan lebih produktif sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian keluarga sehingga SDM perempuan akan dapat berperan secara optimal melalui kapasitas yang dimiliki yaitu dari keterampilan dekorasi sirih pengantin. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Mandiri ini dilaksanakan oleh Tim dalam upaya untuk mendukung program pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Tim pengabdian melihat bahwa masih diperlukan upaya yang optimal terhadap pemberdayaan SDM perempuan dalam pembangunan. Terutama sekali, potensi yang dapat dioptimalkan adalah dalam bidang ekonomi. Diharapkan bahwa dengan membekali SDM perempuan melalui kecakapan atau skill mereka akan mampu berkontribusi dalam pembangunan guna mendukung kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, tim melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program pelatihan kepada Ibu-Ibu PKK di Desa Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar dalam menunjang perekonomian keluarga. Tema pengabdian yang diangkat adalah “Pemberdayaan SDM Perempuan Melalui Keterampilan Dekorasi Sirih Pengantin Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga.” Pengabdian tersebut dilaksanakan untuk mendorong kemandirian kaum perempuan melalui penguasaan atau kecakapan hidup yang dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Pelaksanaan kegiatan diisi oleh para akademisi dari Universitas Syiah Kuala yaitu dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Universitas Malikussaleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memiliki kepakaran sesuai dengan agenda yang telah dirancang oleh Tim Pengabdian.  


Keywords


Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dekorasi Sirih Pengantin, Kesejahteraan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Antara Aceh (2019), Perajin Hias Sirih Hantaran Pernikahan di Aceh. Publikasi online pada https://otomotif.antaranews.com/foto/1903860/perajin-rias-sirihhantaran-pernikahan-di-aceh

Hartono, R. (2021). Pemberdayaan Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga Nelayan Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi,Manajemen dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 4(1), 241-250.

Kabeer, Naila (2001), Reflections on The Measurement of Women’s Empowerment in Discussing Women Empowerment: Theory and Practices. Sida Studies No3 Journal.

Karwati, L. (2017). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan berbasis potensi alam setempat. Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 45-52.

Kompas.com (2018), "Sirih Dalam Adat Pernikahan di Aceh...", Publikasi online pada https://regional.kompas.com/read/2018/08/10/12000011/sirih-dalam-adatpernikahan-di-aceh-#google_vignette

Linda, R. (2015). Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Pelatihan Ketrampilan Menyulam pada Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Sumber Rezeki Kelurahan Tangkerang Labuai. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 14(2), 161-181.

Rumah BUMN (2020), Paket Sirih Seserahan Pesta pernikahan. Publikasi online pada https://rumah-bumn.id/produk/detail/3660

Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2011). Upaya Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Pengembangan Manajemen Usaha Kecil (Studi diskriptif pada Kegiatan Usaha Kecil Ibu-ibu Desa Wirolegi Kabupaten Jember, Dampingan Pusat Studi Wanita UM Jember). In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Tini, D. L. R. (2019). Pengembangan Program Usaha Ekonomis Produktif dalam Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Sumenep. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 1(2), 148-156.

Puspitasari, D. C. (2012). Modal sosial perempuan dalam peran penguatan ekonomi keluarga. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(2), 69-80.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v3i1.16069

Article Metrics

 Abstract Views : 77 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)