Pelatihan Teknisi Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Skil Wirausaha Bagi Masyarakat Yang Putus Sekolah Dan Pengangguran Pada Masyarakat Desa Alue Awe Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe

Ayu Anora, Yusnidar Yusnidar, Surya Darni, Marlinda Marlinda, Khairun Septianda

Abstract


Upaya menurunkan angka pengangguran dalam bentuk pelatihan teknisi komputer adalah suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan skil wirausaha bagi masyarakat yang putus sekolah dan pengangguran yang direncanakan oleh Dosen Universitas Bumi Persada yang diikuti oleh sebagian masyarakat Desa Alue Awe Kecamatan Muara Dua Kota LHokseumawe. Upaya penurunan angka pengangguran ini dilator belakangi oleh banyaknya masyarakat atau muda mudi yang putus sekolah dan tingginya angka pengangguran. Penyebab putusnya sekolah dan pengangguran memiliki banyak factor multidimensi, salah satunya pendapatan masyarakat dibawah rata-rata sehingga anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan, sedikitnya lapangan kerja yang tersedia, apalagi bagi masyarakat yang berpendidikan rendah. PKM ini bertujuan untuk mengurangi jumlah angka pengangguran berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada November 2023, jumlah pengangguran terbuka di Indonesia sebesar 5,32% atau setara dengan 7,86 juta pengangguran. Adapun tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia di antaranya Banten sebesar 7,52%, Jawa Barat sebesar 7,44%, Kepulauan Riau sebesar 6,8%, DKI Jakarta sebesar 6,53%, Maluku sebesar 6,31%, Sulawesi Utara sebesar 6,1%, Aceh sebesar 6,03%, Sumatera Barat, 5,94%, Sumatera Utara sebesar 5,89%, dan Papua Barat sebesar 5,38%.    BPS Kota Lhokseumawe, mengakatan Provinsi Aceh mencatat 8.221 jiwa jumlah pengangguran, yang dimana angka pengangguran didominasi dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), yang mencapai 2.784 jiwa pengangguran. Data diperoleh dari perangkat desa setempat dengan system wawancara. Hasil yang didapat setelah simulasi terkait pelatihan teknisi komputer untuk meningkatkan keterampilan dan skil wirausaha bagi masyarakat yang putus sekolah dan pengangguran pada masyarakat Desa Alue Awe  Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Peningkatan SDM

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik [BPS]. 2019. Persentase Penduduk Miskin Indonesia Tahun2012-2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2019. Jumlah Penduduk Miskin Aceh Tahun 2023. Semarang: Badan Pusat Statistik

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 (UU ITE) disahkan pada tanggal 21 April 2008 dan menjadi cyber law pertama di Indonesia.

Rismiyati (2021). Sistem Pnerimaan Pekerjaan Teknisi Komputer Dengan Notifikasi Order Menggunakan Telegram (Studi Kasus RSUP DR. SARDJITO) (Skripsi Thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia).

Trisnaningsih. 2016. Demografi.Yogyakarta: Media Akademi.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v3i1.16067

Article Metrics

 Abstract Views : 73 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)