Pemberdayaan Masyarakat Desa Ulee Pulo melalui Pengolahan Limbah Kardus dan Buah Mahoni menjadi Berbagai Kerajinan Tangan

Andriani Andriani, Sitti Aminah, Lia Rista

Abstract


Pemberdayaan masyarakat desa Ulee Pulo dikarenakan minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya dan adanya sikap yang meremehkan dampak dari limbah kardus dan buah mahoni itu sendiri. Pertambahan jumlah penduduk yang ada di Desa Ulee Pulo, perubahan pola konsumsi masyarakat dan gaya hidup masyarakat yang menimbulkan jumlah timbunan limbah kardus dan buah mahoni. Seiring bertambahnya daya beli masyarakat desa Ulee pulo terhadap berbagai jenis bahan baku dan hasil kerajinan tangan serta meningkatnya kegiatan penunjang pertumbuhan ekonominya juga memberikan kontribusi yang besar terhadap kuantitas dan kualitas limbah kardus dan buah mahoni yang dihasilkan oleh masyarakat desa Ulee pulo. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Tim dari prodi pedidikan informatika Universitas Bumi Persada, dalam bentuk pelatihan berupa cermin hias, tempat peralatan kosmetik, dan penyangga HP. Selain itu, kegiatan ini berguna untuk memunculkan minat masyarakat dan membangun daya ekonomi dalam masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa ulee pulo melalui pengolahan limbah kardus dan kulit buah mahoni telah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Universitas Bumi Persada.


Keywords


Pemberdayaan; Masyarakat; Pengolahan Limbah; Kerajinan Tangan

Full Text:

PDF

References


Cholisin. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Gladi Managemen Pemerintahan Desa. Sleman: FIS UNY.

Defitri, Mita. (2023). Daur Ulang Kardus Bekas Tepat dan Aman. Industry update.

Putri, Amanda. (2023). Kreativitas Daur Ulang Limbah Kardus Menjadi Kotak Seserahan Yang Bernilai Tinggi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah.

Seprianto. (2018). Analisis Pemanfaatan Limbah Kertas dan Kardus untuk Penerapan Sisa Fluida. Jurnal Austenit. Vol. 10. No. 2.

Sunyoto Usman. (2014). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v3i1.16033

Article Metrics

 Abstract Views : 68 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)