Implementasi Akad Istishna Terhadap Transaksi Jual Beli Online Melalui Aplikasi Tokopedia

Muhammad Deary, Gilang Dwi Prasetyo, Marliyah M, Halimatussakdiyah H

Abstract


Perkembangan teknologi turut serta dalam perkembangan manusia hingga saat ini. Dalam perkembangannya banyak teknologi teknologi yang sudah dikembangkan oleh manusia tanpa terkecuali perkembangan teknologi dalam hal aktivitas ekonomi. Seiring perkembangan manusia yang semakin modern aktivitas yang dilakukan manusia pun semakin maju sebagai salah satu contohnya adalah aktivitas jual beli yang dilaksanakan. Ketika penjual menjualkan barangnya kepada pembeli yang sedang membutuhkan barang yang sedang iya butuhkan.Seiring berkembangnya zaman kegiatan jual beli yang dilakukan produesn dengan konsumen yang dilakukan di pasar sekarang bisa dilakukan ketika berada di rumah.Seiring perkembangan teknologi manusia menciptkan sebuah aplikasi yang  dimana aktivitas yang biasa kita lakukan di pasar bisa kita lakukan dirumah melalui sebuah aplikasi yaitu Tokopedia.Aplikasi ini memudahkan penjual dan pembeli yang dimana tanpa harus berada di luar rumah Ketika ingin melakukan transaksi perdagangan.Dalam perspektip islam  aktifitas jual beli bisa disebut juga dengan akad Istishna(Akad Jual Beli). Istishna disebut juga kesepakatan kedua belah pihak yaitu antara penjual (shani) dengan pembeli (mustashni)terkait pemesanan barang berdasarkan kriteria terntentu antara kedua belah pihak yang berkaitan dengan jual beli online Tokopedia tersebut.


Keywords


Istishna, Tokopedia, Jual Beli Online

Full Text:

PDF

References


A'yun, Q. A. N., Chusma, N. M., Putri, C. N. A., & Latifah, F. N. 2021. Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Pada E-Commerce Popular Di Indonesia. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1(2), 166-181.

Isnayati Nur, “TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI MEDIA ONLINE DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Studi pada Situs Jual Beli Online Tokopedia dan Shopee), Journal of Islamic Economic and Banking”, Vol. 2 No 2, July 2019.

Muhammad Rizki Hidayah, “Analisis Implementasi Akad Istishna Pembiayaan Rumah”, Jurnal Ekonomi Islam 9, no. 1 (2018): 4

Mujiatun, S. 2014. Jual Beli Dalam Perspektif Islam: Salam Dan Istisna’. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 13(2).

Nur Azizah Fauziyyah, “Tinjauan Fikih Muamalah Akad Istishna Terhadap Praktik Jual Beli Pesanan Parsel di Produsen Parcel X”, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 6, no. 2 (2020), 221

Rani Maylinda, Wirman, “Analisis Transaksi Akad Istishna’ dalam Praktek Jual Beli Online”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Maret 2023, 9 (6), 482-492.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.11730605

Article Metrics

 Abstract Views : 34 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


Journal of Sharia Economics Scholar (JoSES)

ISSN : 2302-6219