Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Membeli Sembako Pada Toko Kelontong Surabaya (Kajian Ekonomi Syariah)

Keisha Farellia Putri L, Rommy R

Abstract


Toko kelontong merupakan sebuah jenis toko atau warung yang menjual bermacam-macam sembako kebutuhan pribadi rumah tangga , alat-alat pribadi, dan beberapa produk lainnya. Toko kelontong biasanya lokasinya terdekat dengan pemukiman penduduk dan biasanya memiliki stok barang yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan supermarket atau hipermarket. Toko kelontong seringkali menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan dalam jumlah kecil atau hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif memakai Primer dan Sekunder. Metode primer adalah metode yang melibatkan pengumpulan data langsung dari sumber asli. Ini berarti bahwa peneliti mengumpulkan data baru dengan cara melakukan observasi langsung, wawancara, survei, atau eksperimen. Sedangkan Metode sekunder adalah metode yang melibatkan penggunaan data yang sudah ada dari sumber lain. Ini berarti bahwa peneliti menggunakan informasi dan data yang telah dikumpulkan oleh orang lain untuk tujuan mereka sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dengan memperhatikan semua aspek pengusaha toko kelontong Surabaya dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan  mendapatkan berkah Allah SWT dalam setiap transaksi bisnis. Hal ini berdampak positif pada keberlangsungan bisnis mereka di masa depan. Oleh karena itu pemilik toko kelontong perlu mengimplementasikan nilai-nilai syariah dalam aspek harga, pelayanan pelanggan, kualitas produk, lokasi, dan citra merek untuk memenuhi niat beli konsumen dengan cara yang baik dan amanah.


Keywords


Minat Konsumen, Membeli, Toko Klontong

Full Text:

PDF

References


Nuraini, D. P., & Chodidjah, S. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Kelontong Mujinah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan

Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1139-1147.

Wijayanti, T., & Sujianto, A. E. (2022). Merek, Harga, Lokasi, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Menurut Perspektif Islam: Indonesia. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 5(1), 32-41.

Karjuni, A., & Susliawati, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 163-177.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.11598462

Article Metrics

 Abstract Views : 32 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


Journal of Sharia Economics Scholar (JoSES)

ISSN : 2302-6219