Penerapan Mental dan Karakter Anggota Silat di Kelatnas Perisai Diri
Abstract
Penerapan mental dan karakter dalam latihan silat di Kelatnas Perisai Diri dilakukan melalui berbagai metode. Termasuk disiplin latihan, pembinaan etika, dan pembiasaan nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari. Anggota diwajibkan mengikuti latihan secara rutin mencakup pemanasan, teknik dasar, sparing untuk menguji ketahanan fisik dan mental. Nilai moral seperti kesabaran, kejujuran, dan saling menghormati menjadi fokus utama dalam sesi latihan. Anggota telah lama berlatih memiliki karakter yang disiplin, percaya diri, dan mampu mengendalikan emosi dengan baik dibandingkan anggota baru. Latihan terstruktur dan berkelanjutan terbukti memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter pesilat. Beberapa tantangan dihadapi, kurangnya konsistensi dalam latihan serta pengaruh lingkungan luar kurang mendukung perkembangan mental dan karakter anggota. Anggota Perisai Diri menyatakan latihan silat membantu meningkatkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Merasakan peningkatan dalam kemampuan mengendalikan emosi. Menegaskan latihan silat Perisai Diri tidak hanya berdampak pada aspek fisik, tetapi memberikan pengaruh signifikan terhadap aspek psikologis dan emosional anggota. Metode latihan diterapkan di Kelatnas Perisai Diri mengandung unsur pendidikan karakter yang kuat. Pelatih tidak hanya mengajarkan teknik bela diri, tetapi menanamkan nilai moral melalui contoh nyata kehidupan sehari-hari. Anggota aktif dalam latihan menunjukkan kemampuan berpikir lebih statis dan strategis dalam pengambilan keputusan saat bertanding. Kelatnas Perisai Diri tidak hanya membentuk fisik kuat, tetapi melatih pola piker yang analitis dan adaptif terhadap berbagai situasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrianda, Wibowo, P., ZA, N., & Zulfadli. (2024). Asah Asih Asuh Interaksi Pelatih dan Adik Didik Silat Perisai Diri. 3(1), 205–209. https://doi.org/https://doi.org/10. 29103/jmm.v3n1.18168 Asah
Bu, X. (2022). Experimental Study on the Effect of Speed Strength Training on the Special Strikes of Chinese Female Boxers. Journal of Environmental and Public Health, 2022, 1–7. https://doi.org/10.1155/2022/5912231
Feska Ajepri. (2016). Kepemimpinan Efektif Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6, 135.
Ilham, W., Musa, N. M., & Amin, R. M. (2023). Pencak Silat sebagai Warisan Budaya: Identitas Lokal Seni Silat Ulu Ambek di Pariaman, Sumatera Barat. Al-Mabhats :, 8(1), 37–54. https://doi.org/10.47766/almabhats.v8i1.1046
Nazwan, A. P. (2022). Nilai-Nilai Karakter Religius dalam Kegiatan Pencak Silat. 2(1), 29–37.
Santika, I. M. P., Budaya Astra, I. K., & Suwiwa, I. G. (2022). Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Perguruan Pencak Silat Putra Garuda di Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 51–65. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49050
Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167
Ushuluddin, F., & Iain, D. (2021). PENGENDALIAN DIRI REMAJA MELALUI KEGIATAN PENCAK SILAT SISWA DI MTsN 6 PONROGO. 2(2), 160–172.
Widodo, H., Heni, N., & Apif, M. T. (2020). Peranan Guru Agama Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Disekolah Melalui Keteladanan Guru Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pelajaran 2019/2020. Al-Irsyad, 10(2), 135–148. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8467
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.20944
Article Metrics
Abstract Views : 4 timesPDF Downloaded : 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Asrianda Asrianda, Patmono Wibowo, Zulfadl Zulfadl, Nasrul ZA, Sujacka Retno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141