Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

angga pratama, Badriana Badriana, Andik Bintoro, Syibral Malasyi, Burhanuddin Burhanuddin, Sayed Fachrurrazi

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu sarana penyalur pesan dan informasi belajar.  Perkembangan teknologi informasi diera globalisasi dan informasi saat ini, memacu perkembangan media pembelajaran semakin modern. Selain itu teknologi juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring tentunya terdapat hambatan yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku pendidikan, yang berkaitan dengan budaya akademik, meliputi nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, serta kesiapan sarana dan prasarana terkait teknologi. Tujuan pengabdian ini adalah peran teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode literatur.  Teknologi bidang pendidikan yang melahirkan konsep e-learning. Dengan e-learning, pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pada pengabdian ini siswa dengan guru melalui laman e-learning, whatsapp group, google class,google doc atau google form, zoom yang tersedia banyak di platform internet, dapat sebagai untuk menyampaikan materi belajar yang ada di dalam program Belajar di Rumah.  Tim pengabdian ini juga menjelaskan secara detail aplikasi google classroom dan aplikasi zoom untuk proses  pembelajaran daring  yang dilakukan siswa. hasil pengabdian  ini dapat meningkatkan kemampuan pada para siswa dalam hal pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi di mana kemampuan tersebut berada pada kompetensi pembelajaran.  selanjutnya hasil pengabdian ini teknologi memiliki peran yang penting terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil terakhir teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Benny A. Pribadi, “Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” in Optimalisasi Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran (Padang: Universitas Terbuka Repository, 2011), 2–3, http://repository.ut.ac.id/7265/1/Peranan Teknologi Pendidikan dalam.pdf.

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2).

Salsabila, Unik Hanifah, et al. "Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19." Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17.2 (2020): 188-198.

Rachmawati, T. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Ilhadi, V., Yulisda, D., Sahputra, I., & Habib, M. (2023). Penerapan Sistem Inromasi Website Desa Paya Gaboh Sebagai Media Informasi Desa. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 7(2), 40-48.

Fajri, R., Zulkifli, Z., & Aflizar, A. (2022). Sistem Informasi Kependudukan Gampong Pante Pisang Kecamatan Peusangan. Jurnal Tika, 7(3), 274-281.

R. Fajri and T. Johan, “Implementation Of Double Exponential Smoothing Forecasts On The Case Of Children In The Center Of Integrated Service Of Women Empowerment And Children”, JurnalEcotipe, vol. 4, no. 2, pp. 6-13, Oct. 2017.

Ula, M., Yurni, I., Rosdiana, R., Erliana, C. I., & Nanda, S. A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Web Commerce Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 435-442.

Ula, M., Syukriah, S., Mauliza, M., Burhanuddin, B., & Yusuf, E. (2023). Peran Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Program Perilaku Hidup Sehat dan Bahaya Narkoba Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 443-449.

Rahman, A., Kembaren, E. T., & Baidhawi, B. (2023). Pembentukan Karakter Bersosialisasi Dengan Pembuatan Taman Bermain Anak Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Kecanduan Game Online Pada Anak Usia 5-12 Tahun di Gampong Reuleut Timu Aceh Utara. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(1), 188-200.

Amin, A. B., et al. (2023). Monitoring dan Pengendalian Kualitas Air pada Tambak Udang Berbasis Telegram. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, 18(2), 45–51.

Rahman, A., Zulkifli, Z., Andika, A., Khadijah, S., Dwi, I., & Nana, C. (2023). Program Edukasi Kesadaran dan Pengetahuan Stunting Masyarakat Desa Meunasah Rayeuk Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2423-2433.

Rahman, A. (2023). Obstacles to the process of sexual violence law enforcement in Aceh Utara. International journal of educational review, law and social sciences, 3(2), 442-448.

Sahputra, I., Pratama, A., Fachrurrazi, S., Muthmainnah, M., & Saptari, M. A. (2023). Meningkatkan Semangat Literasi Digital Pada Generasi Millenial Dalam Penangkalan Berita Hoaks. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(1), 283-288.

Rahman, A., Meiyanti, R., Malasyi, S., Maryana, M., Muhammad, M., & Pratama, A. (2023). PKM Peningkatan Kesadaran Etika Dalam Penggunaan Media Sosial Kalangan Santri Dayah Nurul Iman di Gampong Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 488-495.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.20426

Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 angga pratama, Badriana Badriana, Andik Bintoro, Syibral Malasyi, Burhanuddin Burhanuddin, Sayed Fachrurrazi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter