Psikoedukasi Teknik - Teknik Self-Control pada Remaja yang Mengalami Konflik Diri

M. Jaka Fikri Pratama, Syifa Aulia Putri, Salsa Meutia, Husniati Husniati, Najwa Safhira, Julia Jumadilla, Cut Fatimah Zahra, Silvia Putri Ardana

Abstract


Masa remaja sering kali menghadapi tantangan emosional yang berakhir pada konflik diri, terutama bagi mereka yang tinggal di lingkungan yang tidak mereka inginkan atau menghadapi tekanan keluarga. Ketidakmampuan dalam mengelola konflik diri dapat menyebabkan remaja mengalami ketidakstabilan emosional dan kesulitan dalam mengontrol perilaku. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan psikoedukasi terkait teknik pengendalian diri kepada remaja melalui pendekatan yang terarah dan berdasarkan teknik pengendalian diri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah psikoedukasi berupa penyampaian materi, diskusi kelompok, dan refleksi. Program ini dilaksanakan dengan melibatkan 21 remaja santri sebagai peserta, yang sebelumnya telah diidentifikasi mengalami kesulitan dalam mengelola konflik diri. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 15 peserta mengalami peningkatan pengetahuan mengenai teknik pengendalian diri, satu peserta mengalami penurunan skor, sementara lima peserta lainnya tidak menunjukkan perubahan.  Luaran yang diperoleh dari kegiatan ini berupa peningkatan  kesadaran remaja terhadap pentingnya mengendalikan diri saat menghadapi konflik diri, adanya perubahan positif dalam cara mereka merespons tekanan emosional, terjadi peningkatan keterampilan pengendalian diri, serta pengembangan materi psikoedukasi yang dapat digunakan sebagai panduan dalam kegiatan serupa di masa depan.


Keywords


Remaja, konflik diri, self-control, psikoeduksi

Full Text:

PDF

References


Azizah, A. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol 4 No 2.

Chaplin, J. (2011). Kamus lengkap psikologi. Rajagrafindo Persada.

Diananda, Amita. (2018). Psikologi remaja dan permasalahnnya. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Islamic Village.

Ghufron M. N., & Risnawati, R. (2012). Teori-teori psikologi cetakan III. Ar-ruzz Media.

Hidayati, N. W. 2016. Hubungan harga diri dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 31-36

Hikmandayani., Herdiani, R. T., Antari, I., Oktari, S., Yuniarni, D., Amenike, D., Idrus, I., Fajriah, L., Marlina., Salim, N. A., Herik, E., Sulaiman., & Yanthi, D. (2023). Psikologi Perkembangan Remaja. Eureka Media Aksara.

Kim, Y., Richards, J. S., Oldehinkel, A. J., & Kim, Y. (2022). Pengendalian diri , masalah kesehatan mental dan fungsi keluarga di masa remaja dan dewasa muda : perbedaan antara orang dan efek dalam orang perkenalan. Journal of Youth and Adolescence, (51), 1181–1195 https://doi.org/10.1007/s10964-021-01564-3

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: definisi dan faktor. Journal of Innovative Cunseling, 3(2), 65-69.

Santrock, J. W. (2014). Adolescence (14th ed.). McGraw-Hil Education.

Zulfah, Z. (2021). Karakter: pengendalian diri. Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 1 (1), 28-33.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.19106

Article Metrics

 Abstract Views : 16 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M. Jaka Fikri Pratama, Syifa Aulia Putri, Salsa Meutia, Husniati, Julia Jumadilla, Najwa Shafira, Cut Fatimah Zahra, Silvia Putrie Ardana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter