Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Serta Pemasaran Online Sebagai Peningkatan Peluang Wirausaha Masyarakat di Desa Bale, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara

Lidya Rosnita, Fidyatun Nisa, Nanda Sitti Nurfebruary, Muhammad Ikhwani, Aulia Rachman, Muhammad Azhari

Abstract


Peningkatan kesejahteraan sosial dapat dilakukan melalui kegiatan pemberdayaaan masyarakat. Dalam kaitannya dengan upaya mengembangkan kemampuan serta potensi masyarakat, dilakukan berbagai alternatif kegiatan seperti pada bidang wirausaha. Salah satu contoh kegiatan wirausaha adalah pembuatan serta penjualan suatu produk. Namun, terdapat permasalahan yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut seperti terbatasnya pengetahuan dan pelatihan untuk menunjang proses pembuatan serta pemasaran produk itu sendiri. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan melalui pelatihan pembuatan dan pemasaran online sabun cuci piring dengan memanfaatkan media internet dan berbagai sosial media, serta marketplace seperti Shopee dan TikTok Shop. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bale, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Pelatihan berjalan dengan lancar, semua peserta aktif dalam diskusi dan tanya jawab baik saat pemberian materi maupun saat praktek pembuatan sabun cuci piring. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang teknik pembuatan sabun cuci piring serta bagaimana cara melakukan pemasaran online terhadap suatu produk

Keywords


pelatihan; pemasaran online; wirausaha; sabun cuci piring

Full Text:

PDF

References


Imanuel, O. J. (2013). Analisis keputusan pembelian konsumen melalui media online (E-marketing). Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 4(2), 17909.

Misdawita, M., Octavia, S. R. N., Titiswandita, R. B., Jannah, A. M., & Safitri, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Dalam Rangka Pemberdayaan Wanita di Desa Kebun Durian Kampar Provinsi Riau. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–6.

Nurul, N. F., Asran, A., Salahuddin, S., & Nisa, F. N. F. (2024). Rancang Bangun Troli Belanja Pintar di Supermarket Berbasis Internet of Things. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputasi (ELKOM), 6(1), 48–57.

Priya, M. (2018). Online marketing. Shanlax International Journals of Commerce, 6(1), 251–257.

Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari, F. (2022). Pelatihan optimasi pemasaran online dengan memanfaatkan search engine optimization (seo) pada komunitas pengusaha muda. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 16–23.

Williams, D. L., Crittenden, V. L., Keo, T., & McCarty, P. (2012). The use of social media: an exploratory study of usage among digital natives. Journal of Public Affairs, 12(2), 127–136.

Zulkifli, M., & Estiasih, T. (2014). sabun dari distilat asam lemak minyak sawit: kajian pustaka [In Press Oktober 2014]. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 2(4), 170–177.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.19100

Article Metrics

 Abstract Views : 20 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lidya Rosnita, Fidyatun Nisa, Nanda Sitti Nurfebruary, Muhammad Ikhwani, Aulia Rachman, Muhammad Azhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter