Pelatihan Pembuatan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sekolah Dasar
Abstract
Pelatihan pembuatan modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi guru sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang mendukung implementasi nilai-nilai Pancasila di sekolah. Latar belakang kegiatan ini adalah kebutuhan untuk memperkuat peran guru dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek yang berlandaskan pada nilai-nilai kebhinekaan, gotong royong, dan kemandirian. Metode pelaksanaan pelatihan melibatkan beberapa tahapan, yaitu sosialisasi konsep Profil Pelajar Pancasila, workshop penyusunan modul berbasis proyek, pendampingan dalam penyusunan modul, dan evaluasi hasil pelatihan. Para guru dilatih untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kegiatan proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam merancang modul yang kreatif dan kontekstual, serta mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang aktif dan kolaboratif. Dampak pelatihan terlihat dari meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan solutif dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Luaran yang diperoleh dari kegiatan ini berupa modul pembelajaran yang siap digunakan oleh guru untuk mengajarkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, serta peningkatan kualitas proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada pembentukan karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, D. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122-133.
Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 102-109.
Farliana, N., & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484-493.
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022, November). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Hamidah, J. (2022). Pelatihan penyusunan projek penguatan profil pelajar pancasila pada kepala sekolah dan guru-guru sekolah dasar di kabupaten banjar-kalimantan selatan. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 259-271.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.Jakarta: Kemendikbudristek.
Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(2).
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.
Natalia, L., & Saingo, Y. A. (2023). Pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter dan moral di lembaga pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10).
Nuraina, N., Rohantizani, R., Muliana, M., & Nufus, H. (2024). Workshop pembelajaran inovatif dalam implementasi kurikulum merdeka bagi guru sd di kabupaten Aceh Utara. Jurnal pengabdian masyarakat dan inovasi sosial, 2(1), 6-13.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.
Rohantizani & Isfayani, E. (2023). Pendampingan Guru Matematika Menyusun Instrumen Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i1.40
Safriana, S., Faida, E. N., Aprilia, E., Putri, A., & Irfan, A. (2024). Pendampingan Proyek Profil Pelajar Pancasila Melalui Implementasi Kegiatan Sesuai Pancasila untuk Membentuk Karakter Siswa SD. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 160-167.
Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.
Sari, A. P., Zumrotun, E., & Sofiana, N. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 65-75.
Trianto. (2020). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.18888
Article Metrics
Abstract Views : 36 timesPDF Downloaded : 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nuraina Nuraina, Rohantizani Rohantizani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141