Implementasi Aplikasi Canva Sebagai Kreasi dan Edukasi Media Pembelajaran bagi Penunjang Kompetensi Guru di SMP Negeri 7 Sawang
Abstract
Implementasi Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berbasis Teknologi sangat penting bagi Guru SMPN 7 Sawang Kabupaten Aceh Utara sebagai kreasi dan edukasi yang bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar yang menarik, hal ini sangat mendukung untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar bagi peserta didik. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitur-fitur, dan kategori- kategori yang diberikan di dalamnya. Desain canva yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibagi kedalam beberapa tahapan antara lain pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri dari tim pengusul PKM melakukan pendekatan dan sosialisasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan untuk menjalin kerjasama dengan pihak SMPN 7 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Persiapan yang dilakukan meliputi fasilitas penunjang TIK, akses internet, tempat dan jadwal pelaksanaan. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa: a) Mitra melalui pelatihan dan pembimbingan langsung tim PKM sebagian besar sudah bisa menggunakan aplikasi canva seperti mendesain dan mengembangkan media canva untuk keperluan pembelajaran, b) Hasil evaluasi proses yang dilakukan selama berlangsung kegiatan PKM melalui pengamatan dan pemberian kuisioner menunjukkan 88% guru SMP Negeri 7 Sawang sudah menguasai materi pelatihan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengimplementasikan Aplikasi Canva sebagai kreasi dan edukasi media pembelajaran bagi kompetensi guru SMPN 7 Sawang Kabupaten Aceh Utara, supaya membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kompetensi guru.
Kata Kunci: Aplikasi canva, Media Pembelajaran dan Guru
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, (Online). Vol.8 No.I, http://103.88.229.8/index.php/tadzk iyyah/article/view/2095/1584,
(diakses pada tanggal 3 Maret 2024).
Ekayani, N. L. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik (online), Vol.8, No. 2.
Iryana (2020) , Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI Vol. 4, No. 1, Juni 2020, pp. 24-30
Rahmatullah dkk. (2022). ‘Desain Modul Digital dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Di Kabupaten Majene’. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar, 747–751.
Sari,K,R., & Maryana dkk (2023), “Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”, Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, Vol.3 No. 2
Tanjung, R,E.,& Faiza,D. (2019)” Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Daasar Listrik dan Elektronika” VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. (online), Vol.7 No.2
(https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261/101751)
(diakses pada tanggal 3 Maret 2024).
Vera Novalia, dkk (2021), Pengaruh Media Pembelajaran Di Masa Pandemik COVID-19 untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Universitas Malikussale, Jurnal Ilmiah pendidikan Teknik Elektro, Vol.5, No.1, Februari 2021 | 32
Wena, M. 2009. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.” Jakarta: Bumi Aksara.
(https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6328799/motivasi-belajar-bagi-siswa-dan-contoh-kata-kata-penyemangatnya)
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.18867
Article Metrics
Abstract Views : 19 timesPDF Downloaded : 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 maryana maryana, Zuraida Zuraida, Fatimah Fatimah, Meriatna Meriatna, Raihan Putri, Nurdin Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141