Penerapan Teknologi Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa di Dayah Nurul Iman

ilham sahputra, Wahyu Fuadi, Diana Khairani Sofyan, Muthmainnah Muthmainnah, Maryana Maryana, Zuraida Zuraida

Abstract


Penerapan Google Classroom sebagai platform pembelajaran daring telah menjadi solusi efektif dalam mengatasi tantangan pendidikan. Teknologi ini memungkinkan pendidik dan siswa untuk tetap terhubung, memastikan proses pembelajaran berlangsung tanpa hambatan meskipun terpisah secara fisik akan tetapi tetang berjalan pembelajaran. Dengan fitur yang mendukung interaksi dua arah, penugasan, penilaian, dan akses materi pembelajaran dapat terlaksana, Google Classroom telah membantu menjaga kontinuitas Pendidikan dalam mengajar. Selain itu, platform ini juga mendukung adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk menjadi lebih mandiri dalam belajar. Dari hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa teknologi memiliki banyak sekali peran dan manfaatnya dalam dunia pendidikan terlebih saat pembelajaran jarak jauh seperti pembelajaran online seperti google classroom hasil pengabdian ini untuk mengetahui penggunaan Penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya selama pembelajaran jarak jauh, telah menunjukkan peran pentingnya dalam memastikan kontinuitas proses belajar mengajar. Google Classroom, sebagai salah satu platform Learning Management System (LMS), telah menjadi alat yang sangat berharga bagi dosen dan siswa. hasil pengabdian ini dengan adanya teknologi Google Classroom telah terbukti menjadi sumber daya yang sangat berguna dalam Pendidikan dan pembelajaran siswa


Keywords


Pembelajaran, Google Classroom, Siswa

Full Text:

PDF

References


Aditya, M. Y. (2018). Penerapan Google Classroom pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahas Inggris (E-Home dan Fun Learning) Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Jurnal Elpeduaem, 4(4).

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533-541.

Kurniawan, A., Prabowo, G., & Falahudin, T. (2020). Media pembelajaran berbasis google classroom. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 97-108.

Maesaroh, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 168-172.

Maulana, R. I., & Nurfauzi, Y. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa:(Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi Axioo SMK Islam Jipang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 23-31.

Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi siswa terhadap pembelajaran e-learning melalui media google classroom untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44-55.

Ula, M., Yurni, I., Rosdiana, R., Erliana, C. I., & Nanda, S. A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Web Commerce Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 435-442.

Ula, M., Salahuddin, S., Syukriah, S., Maulani, E., & Burhanuddin, B. (2023). Pendampingan Sistem Informasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 72-75.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16770

Article Metrics

 Abstract Views : 5 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ilham sahputra, Wahyu Fuadi, Diana Khairani Sofyan, Muthmainnah Muthmainnah, Maryana Maryana, Zuraida Zuraida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter