Strategi Edukasi Pembelajaran Dalam Menanggulangi Bahaya Kecanduan Gadget Dan Narkoba Di Smk Negeri 3 Lhokseumawe

zahratul fitri, Andik Bintoro, Muhibuddin Muhibuddin, Ummi Kalsum, Zainal Abidin, Defi Irwansyah

Abstract


Strategi Edukasi Pembelajaran  Dalam Menanggulangi Bahaya Kecanduan Gadget Dan Narkoba menganalisis strategi edukasi pembelajaran yang efektif dalam menanggulangi bahaya kecanduan gadget dan narkoba di kalangan siswa. Kecanduan gadget dan narkoba telah menjadi masalah yang semakin mendesak di kalangan siswa, dengan dampak negatif yang serius terhadap kesehatan dan prestasi akademik. Melalui pemahaman dan kesadaran, penyuluhan dan kampanye, pembentukan tim pendukung, pengembangan keterampilan pengelolaan stres, serta pengembangan kegiatan alternatif yang positif, strategi edukasi pembelajaran dapat memberikan solusi yang komprehensif. Strategi edukasi pembelajaran yang efektif dalam menanggulangi bahaya kecanduan gadget dan narkoba di kalangan siswa melibatkan beberapa pendekatan kunci. Pertama, meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang risiko kecanduan melalui penyuluhan dan kampanye edukatif yang menarik dan relevan dengan dunia siswa. Kedua, pembentukan tim pendukung yang terdiri dari guru, orang tua, dan profesional kesehatan mental untuk memberikan dukungan dan bimbingan. Ketiga, pengembangan keterampilan pengelolaan stres dan resolusi konflik yang dapat membantu siswa menghadapi tekanan sehari-hari tanpa bergantung pada gadget atau narkoba.  Dengan adanya pengabdian ini melibatkan pengenalan materi yang relevan dalam kurikulum, penyuluhan dan kampanye yang melibatkan siswa secara aktif, pembentukan tim pendukung yang memberikan dukungan dan bimbingan, pengembangan keterampilan pengelolaan stres yang sehat, dan pengembangan kegiatan alternatif yang positif untuk mengurangi risiko kecanduan. Hasil pengabdian ini dapat membantu dalam mengidentifikasi keberhasilan dan perbaikan yang diperlukan. Dengan menerapkan strategi edukasi pembelajaran ini, kemudian endekatan yang melibatkan intervensi perilaku, seperti pengambilan keputusan yang sadar dan promosi aktivitas alternatif, dapat efektif dalam mengurangi penggunaan narkoba di kalangan siswa. selanjutnya hasil pengabdian ini dapat meningkatkan pemahaman siswa, mengurangi risiko kecanduan gadget dan narkoba, serta mendorong perilaku yang positif pada siswa.


Keywords


Kecanduan Gadget, Narkoba, Siswa

Full Text:

PDF

References


Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital?. Edu Publisher.

Darmin, D., Gufran, G., Fitrah, M., & Noris, M. (2023). Edukasi Anti-Narkoba dan Penyuluhan Hukum Bagi Siswa dan Remaja di Desa Kerampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima: Anti Narkoba, Penyuluhan Hukum, Remaja. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2436-2443.

Lase, F. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelasikal Strategi BMB3 dan Edukasi Pencegahan Bahaya Pornografi di Era Digital terhadap Perilaku Positif Terstruktur Anak:-. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4400-4408.

Febrino, F. (2017). Tindakan preventif pengaruh negatif gadget terhadap anak. Noura: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1(1), 1-21.

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi digital sebagai upaya menangkal hoaks di era disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121-140.

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi digital sebagai upaya menangkal hoaks di era disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121-140.

Hermawan, W., Jabar, R., Zam’an, P., Hadian, M. H., & Sumantri, S. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Edukasi Anti-Narkoba di Sekolah. Journal of Education Research, 4(4), 2064-2071.

Darmin, D., Gufran, G., Fitrah, M., & Noris, M. (2023). Edukasi Anti-Narkoba dan Penyuluhan Hukum Bagi Siswa dan Remaja di Desa Kerampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima: Anti Narkoba, Penyuluhan Hukum, Remaja. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2436-2443.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16758

Article Metrics

 Abstract Views : 8 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 zahratul fitri, Andik Bintoro, Muhibuddin Muhibuddin, Ummi Kalsum, Zainal Abidin, Defi Irwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter