PKM Pendampingan Edukasi Peluang Lulusan Engineer, Information Technology dan Tantangan Dalam Dunia Industri di SMK Negeri 3 Lhokseumawe

angga pratama, Fadliani Fadliani, Badriana Badriana, Emi Maulani, Syarifah Asria Nanda

Abstract


Teknologi informasi, sebagai bidang studi yang interdisipliner, memainkan peran kunci dalam menghadapi Revolusi Industri 5.0. Dengan mengintegrasikan ilmu komputer dengan bidang lain seperti ekonomi, manajemen, dan bisnis, teknologi informasi menjadi alat penting untuk menavigasi perubahan yang cepat dan kompleks dalam industri. Pendidikan yang berfokus pada pengembangan kreativitas, inovasi, dan kompetitif adalah esensial untuk membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan ini. Kesadaran akan perubahan ini, terutama di kalangan siswa, harus ditingkatkan, karena mereka adalah pemimpin masa depan yang akan mengemban tanggung jawab dalam era digitalisasi dan otomasi ini. Oleh karena itu, kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas, bersama dengan harmonisasi aturan, akan menjadi fondasi yang kuat untuk masa depan yang berkelanjutan dan progresif. Dukungan dari semua pihak juga perlu, baik pemerintah, pelaku industri dan SDM harus aktif berinovasi dan menjalankan peran masing-masing semaksimal mungkin demi terciptanya sinergi yang baik untuk mendukung kemajuan sektor industri tanah air.  Tantangan siswa sekarang ini dalam Dunia Industri yaitu harus adanya Informasi harus menjadi siswa yang berkualitas, kreatif, dan berinovasi yang mempunyai daya saing.  untuk sekarang ini tantangan kerja harus mengalami Agent of Change, Agent Of Analist dan Agent of Control supaya memaksimalkan dalam mencapai cita - cita bangsa yaitu untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta memerdekakan rakyat indonesia dari segala hal dalam kehidupan, dan harus mempunyai keterampilan berkomunikasi, public speaking, berorganisasi dan lainnya. Hasil pengabdian ini diharapkan peserta didik akan lebih terbuka wawasan mengenai teknologi informasi dan pemanfaatannya, serta mempergunakannya ke dalam kehidupan sehari-hari lebih bijak. Hal ini dimungkinkan akan dapat memberikan harapan positif kepada mereka kedepannya, sehingga mereka siap untuk dapat menyongsong hari esok yang lebih baik.


Keywords


Revolusi Industri, Peluang, Tantangan, Dunia Industri

Full Text:

PDF

References


Aprilia, A., & Subiyantoro, S. (2022). Peluang dan Tantangan: Bisnis di era disrupsi industri. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 377-387.

Mutiasari, A. I. (2020). Perkembangan industri perbankan di era digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 32-41.

Simatupang, A. R. (2020). Kepemimipinan Millenial Dalam Perpustakaan: Peluang dan Tantangan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1), 945-955.

Sri, M., & Ahmad, Y. (2017). Peluang dan tantangan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari

Ula, M., Yurni, I., Rosdiana, R., Erliana, C. I., & Nanda, S. A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Web Commerce Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 435-442.

Ula, M., Salahuddin, S., Syukriah, S., Maulani, E., & Burhanuddin, B. (2023). Pendampingan Sistem Informasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 72-75.

Waruwu, E., NDRAHA, A. B., & LASE, D. (2022). Peluang dan tantangan G20 dalam transformasi manajemen pendidikan di era revolusi industri 4.0 dan civil society 5.0 pasca pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Maksitek, 7(3), 26-32.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16709

Article Metrics

 Abstract Views : 16 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 angga pratama, Fadliani Fadliani, Badriana Badriana, Emi Maulani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter