Pendampingan Teknologi Informasi Berkelanjutan Dalam Peningkatan Pengembangan Digitalisasi Dibidang Pelayanan Publik Dan Kearsipan

veri ilhadi, Syukriah Syukriah, Rosdiana Rosdiana, Asran Asran, Asran Asran, Edi Yusuf

Abstract


Digitalisasi dalam era modern ini menjadi kunci utama dalam transformasi layanan publik dan manajemen arsip. Dinas terkait berperan vital dalam mengawal transisi ke era digital, memastikan bahwa proses digitalisasi berjalan lancar dan efektif. Referensi dan analisis kasus merupakan metode penelitian yang tepat untuk memahami dinamika ini. Hasil pengabdian menegaskan bahwa pendampingan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan publik. Sistem informasi yang terintegrasi memudahkan akses dan meningkatkan kualitas interaksi antara masyarakat dengan pelayanan publik. Di sisi lain, digitalisasi arsip dengan teknologi informasi menjanjikan penyimpanan data yang lebih aman, memungkinkan pencarian yang lebih cepat, dan pemeliharaan arsip yang lebih efisien, sehingga memperkuat fondasi untuk pelayanan publik yang lebih baik di masa depan. Pendampingan teknologi informasi memang memiliki peran penting dalam transformasi digital di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan pelayanan publik. Hasil pendampingan implementasi solusi digital yang efektif dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempermudah akses informasi, dan secara signifikan meningkatkan kualitas layanan. Dengan sistem yang terintegrasi, proses pelayanan publik menjadi lebih cepat dan birokrasi dapat dikurangi, sehingga memungkinkan sebuah institusi untuk beroperasi dengan lebih transparan dan akuntabel. Selain itu, penggunaan teknologi informasi yang inovatif juga dapat membantu dalam penyimpanan arsip yang lebih aman dan mudah diakses, memberikan manfaat jangka panjang bagi institusi dan penggunanya.


Keywords


Sistem Informasi Website, kearsipan

Full Text:

PDF

References


Firdaus, I., & Riyanto, R. (2016). Perancangan website pemerintah desa sebagai media penyebaran informasi bagi masyarakat dengan metode waterfall. Jurnal Sainstech, 2(6), 34-40.

Fajri, R., Zulkifli, Z., & Aflizar, A. (2022). Sistem Informasi Kependudukan Gampong Pante Pisang Kecamatan Peusangan. Jurnal Tika, 7(3), 274-281.

Ilhadi, V., Agusniar, C., Muthmainnah, M., Asran, A., & Ezwarsyah, E. (2023). Penerapan Pengembangan Website bagi Perangkat Desa Gampong Reulet Timu untuk Digitalisasi Teknologi Informasi. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 460-466.

Muthmainnah, M., Yulisda, D., & Ilhadi, V. (2022). Academic information system audit using cobit 5 domain APO framework. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 2(1), 123-130.

Ula, M., Salahuddin, S., Syukriah, S., Maulani, E., & Burhanuddin, B. (2023). Pendampingan Sistem Informasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 72-75.

Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2023). Pelatihan dan Pengelolaan Teknologi Informasi Berkelanjutan dalam Peningkatan Pengembangan Desa Digital pada Bidang Pelayanan Publik dan Kearsipan di Gampong Reuleut Timur. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 213-221.

Mukhsin M. Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi. Teknokom. 2020;3(1):7-15. doi:10.31943/teknokom.v3i1.43

Hertati, D. (2020). Model Implementasi sistem informasi pemerintahan desa berbasis web bagi pemerintahaN desa di Kabupaten Sidoarjo. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(1), 55-62.

Mauliza, M., Ula, M., Fitri, Z., Sakinah, T. R., & Zainal, M. R. (2022). Penyuluhan Pentingnya Status Gizi Anak Dan Stunting Di Desa Uteunkot Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 271-280.

Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2023). Pelatihan dan Pengelolaan Teknologi Informasi Berkelanjutan dalam Peningkatan Pengembangan Desa Digital pada Bidang Pelayanan Publik dan Kearsipan di Gampong Reuleut Timur. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 213-221.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16696

Article Metrics

 Abstract Views : 8 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 veri ilhadi, Syukriah Syukriah, Rosdiana Rosdiana, Asran Asran, Asran Asran, Edi Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter