Pelatihan dan Pendampingan Optimalisasi Penyimpanan Data Digital dengan Teknologi Cloud Storage Pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireun

ilham sahputra, Arief Rahman, Bakhtiar Bakhtiar, Burhanuddin Burhanuddin, Syibral Malasyi

Abstract


Data pendidikan memerlukan pengelolaan yang terstruktur dan aman untuk mendukung keputusan, pelaporan, dan layanan pendidikan. Sistem konvensional sering terkendala kapasitas, keamanan, dan aksesibilitas, menghambat efisiensi operasional. Efisiensi penyimpanan dan pengelolaan data menjadi sangat penting, termasuk bagi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireun. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengoptimalkan penyimpanan data digital menggunakan cloud storage, yang menawarkan kapasitas besar, keamanan tinggi dengan enkripsi dan backup otomatis, serta aksesibilitas dari berbagai perangkat bagi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireun. Diharapkan teknologi ini mengatasi masalah penyimpanan dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas kerja. Metode yang digunakan mencakup pelatihan dan pendampingan komprehensif mengenai manfaat, implementasi, kesiapan infrastruktur, dan sumber daya manusia. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, penurunan biaya operasional, serta peningkatan efisiensi pengelolaan data.Diharapkan, dengan pelatihan ini, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireun dapat mengadopsi cloud storage secara efektif, mendukung transformasi digital berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan.


Keywords


Penyimpanan data, Teknologi, cloud storage

Full Text:

PDF

References


Atmoko, A.D., & Yaqin, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Cloud untuk Analisis Cost and Benefit pada Laporan Keuangan di Masa Pandemi COVID-19 di Dewi Media Lestari Yogyakarta. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Ramadhan (2022). Distribusi Sertifikat Kelulusan Melalui Teknologi Cloud Computing Bagi Alumni Diklat Yang Diselenggarakan Oleh Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keagamaan Provinsi Aceh. seulanga.

Putra, I.Z., Oktani, D., Puspita, W.R., Yani, S.F., & Maulana, N.S. (2023). Penyimpanan Data Obat dalam Human Machine Interface pada Vertical Carousel Obat. JURNAL INTEGRASI.

Aprilia, S. (2020). Sistem Informasi Absensi Berbasis Website Menggunakan API WhatsApp dengan Metodologi Incremental (Studi Kasus: SMP Negeri 29 Pekanbaru). Journal of Applied Informatics and Computing.

Siregar, Y.B. (2019). Digitalisasi Arsip Untuk Efisiensi Penyimpanan Dan Aksesibilitas.

Zen, B.P., Yuniati, T., Fransisca, D.C., & Purbaya, M.E. (2022). Optimalisasi Teknologi Cloud pada Tentara Nasional Indonesia di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16695

Article Metrics

 Abstract Views : 4 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ilham sahputra, Arief Rahman, Bakhtiar Bakhtiar, Burhanuddin Burhanuddin, Syibral Malasyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter