Pendampingan Sistem Infomasi Profil Berbasis Website Pada Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bireun

Mutammimul Ula, Cut Agusniar, Irma Yurni, Cut Ita Erliana, Muhammad Muhammad

Abstract


Sistem Informasi Profil Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen masih menggunakan profil biasa yang belum maksimal penggunaan nya. Pihak pengguna dalam melihat/mengunjungi website dalam melihat informasi terbaru dan hal tersebut mengakibatkan memerlukan waktu yang lama dalam mengakses informasi tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan Sistem Informasi Profil Berbasis Website pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen guna dalam meningkatkan efisiensi dan akurasiĀ  informasi dalam pengelolaan informasi data pendidikan. Cabang Dinas Pendidikan saat ini menghadapi tantangan dalam pengelolaan data profil sekolah dan tenaga pendidik dalam melihat informasi tersebut, sehingga sulit diakses dengan cepat dan rentan terhadap kehilangan data serta ketidakakuratan informasi. Adanya pengembangan sistem berbasis website ini diharapkan dapat mempercepat akses data, mengurangi risiko kehilangan data dan pengelolaan data. Manfaat dari pengabdian ini diharapkan berupa pengelolaan data yang lebih efisien dan akurat, kemudahan akses data bagi masyarakat, serta peningkatan kualitas layanan pendidikan melalui data real-time yang mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Hasil dari pengabdian ini terintegrasi dan dapat diakses secara system oleh berbagai pihak dengan hak akses yang disesuaikan. Selanjutnya hasil yang diharapkan berupa sistem informasi profil berbasis website yang efektif dan efisien, peningkatan kapasitas pengguna melalui pendampingan, serta dokumentasi dan panduan penggunaan sistem.


Keywords


Sistem Informasi, Profil Berbasis Website, Pengelolaan Data

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, L., & Muslihudin, M. (2020). Sosialisai Dan Pendampingan Pengelolan Website Desa Kepada Aparatur Desa. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41-50.

Firdaus, I., Sembiring, S., Riyanto, A., Situmeang, R., & Karo, P. (2022). Pendampingan Pengelolaan Website Desa Hajimena sebagai Penunjang Program Digitalisasi Desa. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(10), 3387-3396.

Kuncoro, A. P., Kusuma, B. A., & Purnomo, A. (2018). Pengembangan sistem informasi berbasis website sebagai media pengelolaan peminjaman dan pengembalian alat Laboratorium Fikes UMP. Sains dan Teknologi Informasi, 4(2), 24-30.

Mauliza, M., Ula, M., Fitri, Z., Sakinah, T. R., & Zainal, M. R. (2022). Penyuluhan Pentingnya Status Gizi Anak Dan Stunting Di Desa Uteunkot Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 271-280.

Sucipto, A., Jupriyadi, J., Nurkholis, A., Budiman, A., Pasha, D., Firmansyah, G., & Sangha, Z. K. (2022). Penerapan Sistem Informasi Profil Berbasis Web Di Desa Bandarsari. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 29-37.

Nurkholis, A., Jupriyadi, J., Sucipto, A., Pasha, D., Sobirin, M. H., Nazar, M. A., & Suhartanto, A. (2022). Implementasi Sistem Informasi Profil Sekolah Berbasis Web pada SMK Minhadlul Ulum. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 50-57.

Putra, G. B., & Atmaja, E. J. J. (2021). Pedampingan Penggunaan Sistem Informasi Profil Desa Banyuasin Berbasis Internet Dan Aplikasi Mobile. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 97-102.

Ula, M., Salahuddin, S., Syukriah, S., Maulani, E., & Burhanuddin, B. (2023). Pendampingan Sistem Informasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 3(2), 72-75.

Ula, Mutammimul, et al. "Pemanfaatan Aplikasi Web Commerce Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe." Jurnal Malikussaleh Mengabdi 2.2 (2023): 435-442.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16694

Article Metrics

 Abstract Views : 28 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutammimul Ula, Cut Agusniar, Irma Yuni, Cut Ita Erliana, Muhammad Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter