Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill Bagi Guru di Lingkungan Madrasah Barokah Al-Haromain Muara Enim

Nur Elisyah, Amam Taufiq Hidayat, Zainul Mujtahid, Hidayatsyah Hidayatsyah, Islami Fatwa

Abstract


Pendidikan Indonesia saat ini menggunakan kurikulum merdeka dengan sistem penilaian yang digunakan adalah penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal berbasis HOTS ialah istrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun, pada kenyataannya guru masih kurang memahami penyusunan soal berbasis HOTS. Tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan pendampingan penyusunan soal berbasis HOTS bagi guru-guru dilingkungan madrasah Barokah Al-Haromain. Metode pada kegiatan pengabdian ini terdapat tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dari penelitian ini guru dapat memahami dan menyusun soal berbasis HOTS dibuktikan dengan ada peningkatan dan hasil rata-rata pretest dan posttest yang awalnya 78,99 % pada rata-rata pretest dan 99,5% pada rata-rata posttest. Selain memahami penyusunan soal berbasis HOTS guru juga dapat mengetahui strategi dari penyusunan soal berbasis HOTS.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.15759

Article Metrics

 Abstract Views : 29 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Elisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter