Pendampingan Persiapan Olimpiade MIPA di Dayah Terpadu Al Muslimun Lhoksukon
Abstract
Pertimbangan pada penilaian SNBP dan SPAN-PTKIN sebagai salah satu jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi selain daripada rapor dari kelas X-XII SMA/MA sederajat adalah prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik di luar penilaian rapor. Salah satunya adalah prestasi pada keikutsertaan dalam bidang olimpiade. Salah satu jenis olimpiade bidang akademik yang menjadi salah satu pertimbangan jalur SNBP dan SPAN-PTKIN adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kompetisi sejenis juga banyak dilakukan oleh PT di Indonesia yang beberapa diantaranya memberikan tiket masuk PT tersebut jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. OSN mempunyai tahapan-tahapan seleksi mulai dari seleksi tingkat kabupaten/kota, seleksi tingkat provinsi dan seleksi tingkat nasional. Materi uji yang diberikan dalam kompetisi tersebut secara umum berada pada satu tingkat di atas dari jenjang pendidikan peserta. Berdasarkan tahapan seleksi dan materi uji dalam kompetisi tersebut tentunya dalam target mencapai prestasi terbaik dalam keikutsertaan pada kompetisi tersebut diperlukan pendampingan intensif dan berkelanjutan. Diharapkan melalui pendampingan pelatihan persiapan peserta didik dalam mengikuti kompetisi bidang akademik peserta didik akan mempunyai pandangan awal terkait bahan yang akan diujikan sehingga mampu memetakan bahan uji yang harus disiapkan. Lebih lanjut, dengan pendampingan tersebut dapat memberikan kesiapan secara mental sebelum mengahadapi kompetisi. Dayah Terpadu Al Muslimun Lhoksukon merupakan salah satu yayasan pendidikan di kota Lhoksukon yang di dalam terdiri dari beberapa jenjang pendidikan, mulai dari tingkat MIS hingga MAS. Hasil wawancara dengan Wakil Kepala Bidang Kurikulum menyebutkan bahan yang diujikan pada olimpiade MIPA tergolong berat sehingga sulit mencapai prestasi akademik di bidang tersebut. Sehingga peserta didik perlu diarahkan dan dibimbing dalam mengerjakan berbagai jenis soal latihan yang dapat membiasakan siswa dalam menghadapi soal-soal tes seleksi. Hasil kegiatan pengabdian ini membantu pihak sekolah dan siswa untuk mengetahui persebaran materi olimpiade MIPA dan memberikan gambaran serta teknik efektif dalam mengerjakan soal olimpiade MIPA. Sehingga kegiatan ini dapat membantu meningkatkan persiapan sekolah dalam mengejar prestasi akademik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional ataupun internasional.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.15696
Article Metrics
Abstract Views : 62 timesPDF Downloaded : 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Amam Taufiq Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141