Pemanfaatan Aplikasi Web Commerce Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk UMKM di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe
Abstract
Pemanfaatan aplikasi web commerce sebagai media pendukung pemasaran produk umkm di gampong Uteunkot Kota Lhokseumawe yang dilaksanakan dalam meningkatkan keterampilan digital dan pemasaran online para pelaku UMKM di tingkat lokal untuk seputaran kota lhokseumawe dan sekitar nya. Usaha Kecil Menengah (UKM) diharapkan semakin produktif dan berdaya saing. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing yaitu melalui melalui information, communication dan teknologi informasi termasuk adopsi aplikasi e-commerce. Melalui pemanfaatan pelatihan web e-commerce yang ada, materi pengabdian meliputu pengenalan e-commerce dan manfaatnya, teknik fotografi produk, penulisan deskripsi produk yang menarik, dan strategi pemasaran online, peserta memperoleh pemahaman mendalam tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan daya saing produk. Evaluasi juga dilakukan selama dan setelah pelatihan untuk mengukur pencapaian tujuan dan dampaknya terhadap UMKM di Desa Uteunkot. Hasilnya pengabdian di gampong Uteunkot Kota Lhokseumawemenunjukkan peningkatan keterampilan dan penerapan praktik pemasaran online, serta dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. Pemanfaatan dan pelatihan ini bukan hanya menyediakan bekal keterampilan digital, tetapi juga membuka peluang bagi transformasi positif dalam pola pikir dan praktik bisnis di tingkat gampong.
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2019). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved December 12, 2020, from https://apjii.or.id/survei
Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Enterpreneurship Studies.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2017). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved December 12, 2020, from https://kominfo.go.id/content/detail/11346/siaran-pers-no216hmkominfo112017-tentang-go-digital-gerakan-nasionalumkm-go-online/0/siaran_pers
Madrianah, M., Kausar, A., Muchsidin, F. P., & Verawaty, V. (2023). Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 34-42.
Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba Umkm (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, Vol 3 No 5. https://doi.org/https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228
Sims, L. (2018). Building Your Online Store With WordPress and WooCommerce: Learn to Leverage the Critical Role Ecommerce Plays in Today’s Competitive Marketplace. Building Your Online Store With Wordpress and Woocommerce. Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-3846-2
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.14426
Article Metrics
Abstract Views : 210 timesPDF Downloaded : 84 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mutammimul Ula, Irma Yurni, Rosdiana Rosdiana, Cut Ita Erliana, Syarifah Asria Nanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141