Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Membangun Materi Ajar Dalam Menghadapi Program Kelas Digital pada MIN 4 Kota Lhokseumawe

Bustami Bustami, Muhammad Fikry, Ismail Ismail, Muhammad Yani, Silfa Maharani, Neli Susanti, Fahra Azzahra Iskandar

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 di Kota Lhokseumawe menghadapi tantangan signifikan dalam mengadaptasi Program Kelas Digital dalam konteks pembelajaran. Dalam upaya mendukung dan memperkuat inisiatif ini, pengabdian masyarakat telah dilakukan untuk meningkatkan literasi digital para guru. Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan serangkaian pelatihan literasi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan guru. Melalui pendekatan kolaboratif, komunitas akademik, praktisi industri teknologi, dan pemerintah lokal terlibat dalam menyusun program pelatihan yang holistik. Metode pelaksanaan terdiri dari workshop, lokakarya, dan sesi pelatihan interaktif yang fokus pada pemahaman teknologi pendidikan, pemanfaatan aplikasi pembelajaran online, dan strategi pengembangan materi ajar yang responsif terhadap kebutuhan Program Kelas Digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan teknologi guru-guru MIN 4. Diharapkan bahwa upaya pengabdian masyarakat ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat kapasitas guru dalam memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan materi ajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era digital ini.

Keywords


Kelas Digital, Materi Ajar, Teknologi, Guru, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Fikry, M. (2019). Basis Data. UNIMAL PRESS.

Indonesia, P. R. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA.

Kota Lhokseumawe, M. (2023, 11 15). Sejarah. Diambil kembali dari min4kotalhokseumawe: https://www.min4kotalhokseumawe.sch.id/p/sejarah.html

Kota Lhokseumawe, M. (2023, 11 15). min-4-kota-lhokseumawe-resmi-launching. Diambil kembali dari min4kotalhokseumawe: https://www.min4kotalhokseumawe.sch.id/2023/08/min-4-kota-lhokseumawe-resmi-launching.html

Steven C.H, H., Sahoo, D., Steven C.H, H., & Zhao, P. (2021). Online learning: A comprehensive survey. Neurocomputing, 249--289.

Feliks Rejeki Sotani, Z. (2023). nalisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 21--28.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13878

Article Metrics

 Abstract Views : 81 times
 PDF Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bustami Bustami, Muhammad Fikry, Ismail Ismail, Muhammad Yani, Silfa Maharani, Neli Susanti, Fahra Azzahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter