Penguatan Karakter Diri Sebagai Kunci Mengatasi Perundungan Di Lingkungan SMAN 7 Lhokseumawe
Abstract
Perundungan/Bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan secara berulang-ulang terhadap seseorang yang lebih lemah atau rentan oleh orang yang lebih kuat atau berkuasa. Tindakan perundungan dapat terjadi di berbagai lingkungan, seperti di sekolah, tempat kerja, dan bahkan dimedia sosial. Perilaku ini lebih sering terjadi pada remaja karena memiliki emosi yang cenderung belum stabil, dan masih mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Kendati demikian, perundungan tidak boleh diremehkan dan dianggap normal karena beresiko menimbulkan dampak negatif jangka panjang. Artikel ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang telah dijalankan oleh tim dosen dalam mengedukasi para remaja tentang penguatan karakter diri guna mencegah terjadinya perundungan pada diri sendiri dan lingkungan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada kalangan remaja pelajar di SMA N 7 Lhokseumawe, dengan menggunakan metode penyampaian materi pembelajaran Joyfull Learning berbasis ice breaking.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Heryawan, T. & Maulidina, A. 2017. Metode Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2023, dari http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/viewFile/1033/887
Koesoema, D. 2015. Pendidikan Karakter. Bandung
Kemdiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta.
Mardhiastuti, A. 11 September 2022. Pengertian Bullying jenis penyebab dan cara mengatasinya. Detik.com Diakses pada tanggal 28 Oktober 2023, dari https://www.detik.com/jabar/berita/d-6284761/pengertian-bullying-adalah-jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya
Susanti. 2016. Persepsi pada B4S Stander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP. UNM: Makasar.
Yuyarti. 2018. Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar. Vol. 9(1), 53. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2023, dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/16506/8397
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13349
Article Metrics
Abstract Views : 225 timesPDF Downloaded : 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ainol Mardhiah, Anismar Anismar, Ade Muana Husniati, Cut Andyna, Mukhlis Mukhlis, Cindenia Puspasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141