PENGARUH MENTORING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Ade Merry Salwa, Nurainun Nurainun, Naz'aina Naz'aina, Sari Yulis Terfiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mentoring dan dukungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh periode 2019-2023. Dalam penarikan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan sampel 114 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa jawaban responden yang sesuai dengan kriteria  yang telah ditentukan melalui pertanyaan kuesioner dengan pilihan jawaban yang  sudah disediakan melaui link google form dan chat pribadi lewat media sosial. Metode analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dibantu dengan software statistik SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial mentoring dan dukungan sosial berpengaruh positif dan  signifikan terhadap minat berwirausaha.


Keywords


Mentoring, Social Support, and Entrepreneurial Interest

Full Text:

PDF PDF

References


Handayani, B., & Darmawan, D. (2023). Model Peran Wirausaha dan Dukungan Sosial Untuk Membentuk Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Fakultas Hukum dan Sosial. ARBITRASE: Journal of Economics and …, 3(3), 586–593. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.516

Haqq, M. H. I., Sebayang, A. F., & Haviz, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Entrepreneur ( Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung ). Prosiding Ilmu Ekonomi, 4(2), 142–149.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84

Kurniawan, G. (2019). Kewirausahaan di Era 4.0. In Sasanti Institute.

Looze, J., & Berkaw, P. (2020). Mentoring in Entrepreneurship Support. Ewing Marion Kauffman Foundation, 4, 1–4.

Nabi, G., Walmsley, A., & Akhtar, I. (2021). Mentoring functions and entrepreneur development in the early years of university. Studies in Higher Education, 46(6), 1159–1174.

Rusly, J., & Puspitowati, I. (2023). Pengaruh Lingkungan, Orang Tua Panutan, Dukungan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(4), 989–996. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26968

Sahban, M. A., Ramalu, S. S., & Syahputra, R. (2016). The Influence of Social Support on Entrepreneurial Inclination among Business Students in Indonesia. Information Management and Business Review, 8(3), 32–46. https://doi.org/10.22610/imbr.v8i3.1330

saino, saino. (2019). The Effect of Entrepreneurship Mentoring on Entrepreneurial Intention in the Studentpreneur Corner Program at State University of Surabaya. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 66–76. https://doi.org/10.17977/um003v5i22019p066

Santosa, M., & Natsir, M. (2015). Pengaruh Mentoring Terhadap Efikasi Diri Kewirausahan.

Septiawati, S. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 77–84.

Wasim, J., Youssef, M. H., Christodoulou, I., & Reinhardt, R. (2023). The Path to Entrepreneurship: The Role of Social Networks in Driving Entrepreneurial Learning and Education. Journal of Management Education. https://doi.org/10.1177/10525629231219235




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v3i3.17488

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v3i3.17488.g8012

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v3i3.17488.g8016

Article Metrics

 Abstract Views : 20 times
 PDF Downloaded : 7 times  PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh