PENGARUH PAJAK, LEVERAGE, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rissa Septiya Putri Matondang, Iswadi Bensaadi, Muhammad Haykal, Rany Gesta Putri Rais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, leverage, dan tunneling incentive terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia.Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data panel yang terdiri dari 25 perusahaan dengan periode amatan 2020-2022 dengan jumlah observasi sebanyak 75 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistic dengan model Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test dan Overal Model Fit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak dan leverage berpengaruh positif signifikan, dan tunneling incentive berpengaruh negatif signifikan.

Keywords


tax, leverage, tunneling incentive dan transfer pricing

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, A. S., & Noviari, N. (2018). Pengaruh pajak, exchange rate, profitabilitas, dan leverage pada keputusan melakukan transfer pricing. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(2), 1441-1473.

Cledy, Helti, and Muhammad Nuryatno Amin. "Pengaruh pajak, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer." Jurnal Akuntansi Trisakti 7.2 (2020): 247-264.

Fauzan, F., Arsanti, P. M. D., & Fatchan, I. N. (2021). The Effect of Financial Distress, Good Corporate Governance, and Institutional Ownership on Tax Avoidance. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 6(2), 154-165

Fauziah, N. F., & Saebani, A. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. Jurnal Akuntansi.

Hariaji, Novrian Wahyu, and Fajar Syaiful Akbar. "Pengaruh multinasionalitas, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap transfer pricing." Seminar Nasional Akuntansi dan Call for Paper. Vol. 1. No. 1.2021.

Hidayat, W. W., Winarso, W., & Hendrawan, D. (2019). Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 15(1), 49-59.

Izadinia, N., Rabiee, H., & Hamidian, N. (2013). A Study of the Relationship between Financial Leverage and Real Earning Management of Listed Companies in Tehran Stock. Journal of Accounting Advances, 5(1), 33-54.

Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (2019). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. In Corporate governance (pp. 77-132). Gower.

Kurniasih, T., Sari, R., & Maria, M. (2013). Pengaruh return on assets, leverage, corporate governance, ukuran perusahaan dan kompensasi rugi fiskal pada tax avoidance. Buletin studi ekonomi, 18(1), 44276.

Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 156-165

Nugraha, A. K. (2016). Analisis Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Semarang.

Prakosa, K. B. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga, dan Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi, 17, 24-27.

Pratiwi, Bela. "Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, dan Leverage terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)." Jurnal Ekobis Dewantara 1.2 (2018): 1-13.

Purwanto, G. M., & Tumewu, J. (2019). Pengaruh pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 14(1), 47-56.

Putri, D. M., Sari, D. P., & Yudha, A. M. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak, Aset Pajak Tangguhan, dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Nilai Perusahaan “ Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di ursa fek Indonesia (BEI) 2016-2 2 ”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8784-8791.

Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2),

Wardani, P. K., & Kurnia, K. (2018). Pengaruh Pajak, Leverage, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 7(11).

Wijaya, Indra, and Anisa Amalia. "Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing." Profita: Komunikasi Ilmiah dan Perpajakan 13.1 (2020): 30-42.

Yuniasih, N. W., Rasmini, N. K., & Wirakusuma, M. G. (2012). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi, 15, 1-23.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v3i4.17183

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v3i4.17183.g8134

Article Metrics

 Abstract Views : 17 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh