Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021

Sarah Ulfa, Rany Gesta Putri Rais, Iswadi Bensaadi, Razif Razif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh beban pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang di peroleh sebesar 38 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial beban pajak dan mekanisme bonus berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing, sedangkan tunneling incentive tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI.

Keywords


Tax Burden, Incentive Tunneling, Bonus Mechanism, and Transfer Pricing

Full Text:

PDF

References


Achmadiyah, R. (2013). Transaksi Rekayasa Pajak Pada Transfer Pricing Menurut Hukum Islam. Maliyah, Vol. 3, No. 2.

Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, Vol. 1, No. 2.

Darussalam, Septriadi, D., & Kristiaji, B. B. (2013). Transfer Pricing, Ide, Strategi dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional. Danny Darussalam Tax Center, Jakarta.

Fitri, A. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Intangible Assets, Profitabilitas, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di BEI Periode 2014-2016). JOM Fekon, Vol. 1, No. 1, Hal. 1–14.

Gujarati, D., & Poter, D. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika. Salemba Empat, Jakarta.

Hanum, H. R., & Zulaikha. (2013). Pengaruh Karakteristik Corporate Governance Terhadap Effective Tax Rate (Studi Empiris Pada BUMN Yang Terdaftar di BEI 2009-2011). Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 2, No. 2.

Hartati, W., Desmiyawati, & Julita. (2015). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SNA, Hal. 241–246.

Hartika, W., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Beban Pajak dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 8, No. 3.

Herawaty, V., & Anne, A. (2019). Pengaruh Tarif Pajak Penghasilan, Mekanisme Bonus dan Tunneling Incentives Terhadap Pergeseran Laba Dalam Melakukan Transfer Pricing Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti.

J Jafri, H. E., & Mustikasri, E. (2018). Pengaruh Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Memiliki Hubungan Istimewa Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol. 3, No. 2.

Khotimah, S. K. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 1, No. 12.

Koestaman, E., & Diyanty, V. (2013). Pengaruh Kepemilikan Pengendali Akhir terhadap Kebijakan Dividen Kas dengan Kepemilikan Keluarga dan Mekanisme Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi XVI, Manado.

Melmusi, Z. (2016). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index. Jurnal EKOBISTEK.

Nugraha, A. K. (2016). Analisis Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Semarang.

Prananda, R. ’Aisy, & Triyanto, D. N. (2020). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Exchange Rate dan Kepemilikan Asing Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Vol. 9, No. 2.

Rachmat, R. A. H. (2019). Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, Vol. 7, No. 1.

Rahayu, T. T., Masitoh, E., & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Beban Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), Vol. 5, No. 1.

Ravensky, H., & Akbar, T. (2021). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Seminar Nasional Perbanas Institute, Vol. 79.

Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Listing Di BEI Tahun 2011-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Vol. 4, No. 1.

Rezky, M. A., & Fachrizal. (2018). Pengaruh Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Multinationality Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), Vol. 3, No. 3.

Riyadi, F. D., & Kresnawati, E. (2021). Keputusan Harga Transfer: Peran Tunneling Incentive dan Minimasi Pajak. Jurnal AKUNTABILITAS, Vol. 15, No. 1.

Sarifah, D. A., Probowulan, D., & Maharani, A. (2019). Dampak Effective Tax Rate (ETR),Tunneling Incentive (TNC), Indeks Trend Laba Bersih (ITRENDLB) dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, Vol. 9, No. 2.

Scott, W. R. (2012). Financial Accounting Theory (6 th ed). Prentice-Hall International, Inc, New Jersey.

Sentiawati, R. (2022). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Penerapan Transfer Pricing (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode 2017-2019). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setyawan, B., & Harnovinsah. (2016). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol.1, No. 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, Bandung.

Tania, C., & Kurniawan, B. (2019). Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Keputusan Transfer Pricing. Jurnal TECHNOBIZ, Vol. 3, No. 6.

Usmar, D. (2014). Tinjauan Teori Akuntansi Positif Terhadap Fenomena Creative Accounting. Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi (JAWARA), Vol. 12, 2.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v3i2.11798

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v3i2.11798.g7123

Article Metrics

 Abstract Views : 11 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh