Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada SMAN Di Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang)

Nadila Fitri, Hendra Raza, Dy Ilham Satria, Arliansyah Arliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good school governance terhadap pengelolaan keuangan dengan transparansi sebagai variabel moderasi pada SMAN di Kecamatan Kejuruan Muda Kabaupaten Aceh Tamiang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 35 orang dan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dimana semua populasi digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini meenggunakan pendekatan metodologi kuantitatif dan jenis data yang digunakan ialah data primer. Penelitian kuantitatif menekan kepada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan dengan melakukan analisis data dan data yang diperoleh dari data primer berupa kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa good school governance berpengeruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan transparansi sebagai variabel moderasi mampu memoderasi antara good school governance dengan pengelolaan keuangan dana bantuan operasional skolah (BOS).


Keywords


Good scool governance, Financial management of BOS funds, transparency

Full Text:

PDF

References


Anggraini, M. (2015). Pengaruh Partisipasi (Ta'awun), Transparansi (Balagha), Dan Akuntabilitas (Mas'uliyah) Dana BOS SD Negeri Di Desa Gajah Mati Terhadap Kinerja (Amaliah) Sekolah. Skripsi , 1 - 149.

Arifah, S. (2021). Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Effektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus Pada SD Yayasan Nurhasanah). Skirpsi , 1 - 122.

Dwi, W. T. (2016). Pengelolaan dana Bantuan Operasionsal Sekolah (BOS) Di SMP Negeri 2 Gombong Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan dan Ilmu Ekonomi , 30 - 41.

Elyana, L. (2019). Pengelolaan PAUD Berbasis Good School Governance. Journal of Curriculum Indonesia, 16-24.

Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi Tentang Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Kualitas Layanan Pendidikan Di SMA Negeri Kabupaten Kaur Yang Terakreditasi A, B, Dan C. The Manager Review, 4(1), 303-328.

Ikramul Hadi, Mudrikah, Muammar Khaddafi, & Iswadi. (2023). ANALYSIS OF ACCOUNTING TREATMENT OF PRODUCTIVE ZAKAT DISTRIBUTION PRACTICES BASED ON PSAK 109 (CASE STUDY AT THE PIDIE JAYA ZAKAT AGENCY INSTITUTION). Journal of Accounting Research, Utility Finance and Digital Assets, 2(2), 773–783. https://doi.org/10.54443/jaruda.v2i2.111

Izzah, A. W., & Yanto. (2018). Analisis Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasinal Sekolah (BOS). Jurnal Rekognisi Akuntansi , 98-108.

Khurniawan, A. W. (2021). The Collaborative Strategy of Total Quality Management and School Governance to Improving Effectiveness of Vocational School-Based Enterprise J. Educ. Soc. Res, 10-21.

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Dinamik, 14(2).

Mogot, T. F. (2022). Analisis Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) . Jurnal Revenue ,Jurnal Akuntansi , 617-624.

Rachman, A., Hayati, C., & Mariyani, I. (2022). Efektifitas Good School Governance Melalui Pengelolaan Dana BOS (Studi Empiris: SMP/Mts di Banyuwangi). YUME: Journal of Management, 97-111

Raharjo, E. (2007). Teori agensi dan teori stewarship dalam perspektif akuntansi. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 2(1).

Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 95-112.

Sari, P., Masyitah, E., & Sari, E. P. (2021). Analisis Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SD 060864. Accumulated Journal , 84-90.

Susanti, H. (2020). penerapan Good School Governance (GSG) Dan Pengaruh Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah dasar Kota Blitar. Ilmu Manajemen , 74 - 84 .

Tuzzahra, R., Wahyuni, L., & Maison, W. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Partisipasi Stakeholders Terhadap Efisiensi Pengelolaan Dana Pendidikan (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Iv Nagari, Kabupaten Sijunjung). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(5), 2313-2330.

Undang-undang pasal 31 ayat 4 tentsng pemenuhan Anggaran Pendidikan 20 Persen.

Undang-Undang Pasal 4 dan 6 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasinal Sekolah Pada Pemerintahan Daerah.

Wele, M. Y. E., & Mildawati, T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pelaporan Pertanggungjawaban Keuangan Terhadap Pengelolaan Anggaran Dana Bos. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(5).

Yosli, R., Rukun, K., & Giatman, M. (2020). Manajemen Perencanaan dan Pengelolaan keuangan (BOS). Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah , 91-106.

Yusra, M., Yunita, N. A., Nurhasanah, N., & Arliansyah, A. (2021). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SD di Kecamatan Jambo Aye, Aceh Utara: Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Visioner & Strategis, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v2i4.11592

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v2i4.11592.g6231

Article Metrics

 Abstract Views : 249 times
 PDF Downloaded : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh