PENGARUH PAYMENT POINT ONLINE BANK (PPOB) TERHADAP PERCEPATAN ALIRAN KAS ( STUDI KASUS DI PT. PLN (PERSERO) PROVINSI ACEH)
Abstract
This study aims to identify the influence of Payment Point Online Bank (PPOB) on the cash flow acceleration at PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero). This study uses secondary data in the form of financial statements during 2017-2018 taken from the central office of PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) of Aceh Province. The samples used are 38 offices of PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) in Aceh Province. The method used to analyze the data is simple linear regression analysis. The results of this study indicate that the Payment Point Online Bank (X) influences significantly on the cash flow acceleration (Y) at PT. PLN of Aceh Province during 2017-2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atik, dan Ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan, di sertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arisandi, (2013). Penerapan Penerapan Penerapan Penerapan System Online Payment Point (Sopp) Dalam Pembayaran Rekening Listrik Di Pt.Pos (Persero) Cabang Kota Samarinda. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Baridwan, Zaki. (2010). Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi 5. Yogyakarta : BPPE
Bodnar, George H. dan William S. Hopwood. (2007). Sistem Informasi Akuntansi (Edisi 9). Jakarta: Salemba.
Boediono, (2014). Ekonomi Internasional - Pengantar Ilmu Ekonomi No. 3. Penerbit : BPFE UGM
Dewi (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dhiyah Budhiningrum.(2010). Implementasi Strategi penurunan tunggakan rekening listrik di PT PLN (Persero) APJ Surakarta. Skripsi S1. Program studi Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Surakarta.
Denziana Angrita, Fiscal Yusuf, dkk. (2014). Pengaruh Payment Point Online Bank (PPOB) dalam Percepatan Aliran Kas pada PT PLN ( Persero) Distribusi Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 5. Hlm.50-2001.
Edaran Direksi PT PLN (Persero) No: 010.E/012/DIR/2002 tentang Mekanisme Arus Dana Receipt. Jakarta.
Eddy herjanto .(2003). Manajemen produksi dan operasi. cetakan ketiga Jakarta PT Grasindo.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Giri. (2012), Modified Chitosan Hydrogels as Drug Delivery and Tissue Engineering Systems: Present Status and Applications, Acta Pharm. Sin. B, 1-11Husein, M Fahri, Wibowo A.(2002).
Sistem Informasi Manajemen. AMP JKPM.Yogyakarta
Husnan, dan Pudjiastuti.(2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuaangan. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: IAI.
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2007). Standar Akuntansi Keuangan-1 September 2007. Jakarta:Salemba Empat.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Indriantoro. (2002), Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.
Jensen, Meckling .(1976). kutipanArifin, Zainal. (2005) (hlm 60-66) dalam Skripsi Riza SetyaPrabawa 2006. “Analisis Pengaruh Biaya Keagenan, Kesempatan, Investasi dan Posisi Likuiditas perusahaan terhadap Kebijakan Deviden”. Universitas Islam Indonesia.
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta: Indeks.
Keputusan Direksi PLN No. 021.K/0599/DIR/1995 tgl 23 Mei 1995 tentang Pedoman dan Petunjuk Tata Usaha Pelanggan.
Keputusan Direksi PLN No. 082.K/010/DIR/2002 tanggal 25 Juni 2002 tentang sistem aplikasi tentang pengelolaan piutang pelanggan.
Masdupi, (2005).”Analisis Dampak struktur kepemilikan pada Kebijakan Hutang dalam Mengontrol Konflik Keagenan.” Jurnal Ekonomi Bisnis vol.20, No.1. Desember .56-69.
Mulyadi. (2004). Akuntansi. Bandung: Pustaka Pelajar.
Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat.
Munawir, S. (2001). Analisa Laporan keuangan. Yogyakarta : Liberty.
Moh’d et.al. (1998). The Impact of Ownership Structure on Corporate Debt Policy: a Time-Series Cross-Sectional Analysis: Financial Review 33. Pge 85-98.
O’Brien, James A. 2003. Introduction to Information Systems : Essentials forthe E-Business Enterprise. (11th ed). New York: Irwin/McGraw-Hill.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010 Manajemen Pelayanan (Pengembangan model konseptual, penerapan citizens charter dan standar pelayanan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Rianto A. (2011), Metode penelitian kualitaif, kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta.
Sanusi, Anwarr. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Situmorang. (2008). Analisis Data Penelitian. Cetakan Kedua. Medan: USU Press.
Skousen, smith .(2001). Akuntansi keuangan menengah. Edisi kesembilan ,jilid satu, terjemahan.salemba empat,Jakarta.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta.
Sutrisno. (2001). Akuntansi Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta : EKONISIA.
Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 230,243.
Smith, Jay M and K. Fred Skousen. (2005). Akuntansi Intermediate, Edisi 9, Erlangga, Jakarta.
Skousen, K. Fred dan Jay M. Smith. (2001). Akuntansi Keuangan Menengah. Edisi ketiga belas, buku satu. Jakarta:Erlangga
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV.Alfabeta
Triyono. (2007). Sistem online payment poin. Jakarta: Pustaka Pelajar.
UU No.10 Tahun 1998 No 7 Tahun 1998 tentang perbankan (pasal 1 butir 2).
UU Republik Indonesia No. 30 tahun 2009 tentang Ketenaga listrikan Pasal 27 dan Pasal 29.
Wibowo dan Abubakar. (2002:133). Akuntansi Keuangan Dasar 2. Jakarta : PT. Grasindo.
Williams dan Sawyer. (2003). Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. London: Career Education Noermayanti, 2015. herman dkk. efektifitas penerapan sistem payment point online bank (PPOB) pada PT PLN area medium. Jurnal administrasi public volume.1.
Yusuf maulana, kurniawan median dkk. (2012). Pengaruh Pembayaran Listrik online (PPOB) terhadap Pengendalian Internal Kas pada PT PLN (Persero) Distribusi Jabar dan Banten. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 6, No. 1, April 2012, 51-63 ISSN 2443-0633.
Rahayu tanti. (2015). Pengaruh Penerapan Payment Point Online Bank (PPOB) terhadap fee based income PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jurnal keuangan perbankan syariah 2015.
DOI: https://doi.org/10.29103/jak.v7i2.1843
Article Metrics
Abstract Views : 781 timesPDF Downloaded : 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indrayani Indrayani
ISSN 2301-4717