Efektivitas Pemberian Psikoedukasi Melalui Media Video untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Bullying pada Siswa

Nafisah Nafisah, Rini Julistia, Dwi Iramadhani, Febriani Rahma

Abstract


Bullying merupakan suatu tindakan kejam dan menyakiti yang dilakukan dengan sengaja serta berulang-ulang, sehingga berdampak buruk bagi fisik maupun psikologis individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian psikoedukasi melalui media video untuk meningkatkan pengetahuan perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi- experiment dengan menggunakan desain one group pretest-postest design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak adalah sebanyak 94 orang siswa yang diperoleh berdasarkan metode purposive sampling yang sesuai dengan karakeristik dan dianggap mewakili siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bireuen. Pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan kuesioner penelitian. Validitas skala dari rentang 0,25-0,5 dan reliabilitas 0,823. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikannya treatment. Hal ini dibuktikan menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai Asymp Sig. (2 tailed) 0.000 < 0.05. Hasil validitas video yang diberikan juga berada pada rentang 0.8-0.9 Hasil tersebut membuktikan bahwa pemberian psikoedukasi melalui media video efektif dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perilaku bullying. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian psikoedukasi melalui media video efektif untuk meningkatkan pengetahuan perilaku bullying pada siswa. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi bahan informasi bagi sekolah untuk lebih banyak memberikan informasi tentang bullying melalui media tertentu agar memudahkan siswa memahami suatu informasi.

Keywords


Bullying, Siswa, Psikoedukasi Media Video

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh. (2023). Data kekerasan pada anak Januari-September 2023. https://dinaspppa.acehprov.go.id/berita/kategori/kekerasan- terhadap-anak/jumlah-kasus-dan-bentuk-kekerasan-terhadap-anak-januari-september-2023.

Higa, K. N. M., Ribka, L., Tadeus, A. L. R. (2024). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Bullying Siswa SMP Negeri 5 Kota Kupang. SEHATMAS (Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat), 3 (1), 1-12.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ningsih, S. D., Eleonora, R. D., & Tobing, P. A. L. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3 (2), 83-95.

Priyatna, A. (2010). Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rahman, A., Farida, A., & Abdullah, S. (2018). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 4 (2), 129-136.

Rigby, K. (2007). Bullying in Schools: and what to do about it, Revised and Update. Camberwell Australia: Acer Press.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10 (2), 333-367.

Susanti, I., Siti, S., Masunatul, U., Inge, A. C., Juaneta, I. R. M., & Nova, I. P. (2023). Penguatan Pengetahuan Siswa Tentang Bullying Sebagai Upaya Meningkatkan Generasi Unggul Dan Islami. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7 (6), 6094-6101.

Zulfa, S. Z., Islah, W., Susani, H., Yunni, S., Desi, N. K., Ingelia, & Dewinny, S. D. (2022). Edukasi Bullying Pada Remaja Untuk Mencegah Perilaku Menyimpang Di SMPN 3 Pekanbaru. Jdistira (Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat), 2 (2), 151-157.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.18075

Article Metrics

 Abstract Views : 5 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nafisah, Rini Julistia, Dwi Iramadhani, Febriani Rahma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.