Gambaran Stress Akademik Pada Mahasiswa Indonesia Bagian Timur di Provinsi Aceh

Sarah Humaira, Widi Astuti, Hafnidar Hafnidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran stress akademik pada mahasiswa Indonesia Bagian Timur di Provinsi Aceh. Untuk memperoleh gambaran stress akademik, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk membuat suatu deskripsi atau gambaran secara sistematis. Adapaun hasil uji reliabilitas skala stress akademik ialah 0.910. data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui skala stress akademik yang disusun berdasarkan Gadzella’s Students-Life Stress Inventory (1991), responden dalam penelitian ini diperoleh beradsarkan sampel total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar stress akademik yang dimiliki mahasiswa Indonesia Bagian Timur di Provinsi Aceh tergolong dalam kategori sedang sebesar (72,8%), artinya bahwa mahasiswa Indonesia Timur mengalami stress akademik yang cukup signifikan tetapi masih dalam batas yang dapat diatasi, seperti munculnya reaksi stressor akademik seperti reaksi fisik, emosi, kognitif, dan perilaku yang diakibatkan oleh adanya berbagai macam tuntutan maupun tekanan akademik diluar batas kemampuannya

Keywords


Provinsi Aceh, Stress Akademik, Mahasiswa Indonesia Timur

Full Text:

PDF

References


Agustina, M, W., & Deastuti, P, W, P. (2023). Hardiness dan stress akademik pada mahasiswa Rantau. Journal of clinical, industrial, social and educational psychology, 7(1).https://doi.org/ 10.32492/idea.v7i1.7104

Barseli, M., Ifdhil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/119800

Gadzella, B, M.(1991). Student-life Stress Inventory.

Gadzella, B, M. & Masten, W.G. (2005). An analysis of the categories in the studemt-life stress inventory. American journal of psychological Research, 1(1), 1-10.

Halim, C, F. & Dariyo, A. (2016). Hubungan psychological well-being dengan loneliness pada mahasiswa yang merantau. Jurnal psikogenesis, 4(2)

Handayani, E. & Nirmalasari, N, (2020). Perbedaan Tingkat Stress Mahasiswa Perantauan dan Bukan Perantauan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11. http://dx.doi.org/10.33846/sflInk311

Hasbi, M., Anggreiny, N., Maputra, Y. (2020). Gambaran stress akademik mahasiswa asal papua di provinsi Sumatera Barat. Jurnal IlmuKesehatan Indonesia, 1(1).

Imran. (2020). Sejarah Islam dan Tradisi Keilmuan di Aceh. JurnalMudarrisuna, 10(2).

Illahi, R. (2017). Penyesuaian diri mahasiswa Papua yang kuliah di Universitas Andalas. (Universitas Andalas). http://scholar.unand.ac.id/29608/1/cover%20abstrak%20rvs%20riz kiillahi.pdf

Iskandar. (2018). Pelaksanaan syari’at islam di aceh. Jurnal serambiAcademica .78-86 https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Nasution, N. & Safuwan, S. (2020). Culture Shock Pada Mahasiswa Papua diUniversitas Malikussaleh. Jurnal Psikologi Terapan, 3(2), 49-55. https://doi.org/10.29103/jpt.v3i2.8879

Ramadhan, A, F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019) Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medula, 9(1).

Sitorus, S.I.L., & Warsito, H. (2013). Perbedaan Tingkat Kemandirian dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantauan Suku Batak Ditinjau Dari Jenis Kelamin. 01(02).

Situmorang, D.R.(2019). Hubungan self-efficacy dengan penyesuain dirimahasiswa Universitas Islam Riau. (universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/10399/1/158110060.pdfSuzanna, E., Noviana, R., Muna, Z. (2023). Gambaran Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Penelitian Psikologi. 1(3).

Wijanarko, E., & Syafiq, M. (2013). Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua di Surabaya. Jurnal Psikologi; Teori & Terapan. 3(2)

Yuananda, B., A & Laksmiwati, H (2022). Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Artikel Ilmiah. Jurnal Penelitian Psikologi; 9(5)




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.18071

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sarah Humaira, Widi Astuti, Hafnidar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.