Gambaran Stres Kerja Perawat di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh

Nadia Nadia, Riza Musni, Rini Julistia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stress kerja pada perawat di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, untuk memperoleh gambaran stress kerja, metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk membuat sesuatu deskriptif atau gambaran secara sistematis, factual, dan akurat. Data diperoleh melalui skala stress kerja. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 240 responden yang diperoleh berdasarkan metode sampling total. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar perawat di Rumah Sakit Umum Cut Meutia memiliki tingkat stress kerja yang tinggi (53,8), artinya sebagian besar perawat di Rumah Sakit Umum Cut Meutia mengalami gejala psikologis seperti kehilangan kesenangan dalam melakukan pekerjaannya, merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan berulang kali sehingga perawat sering kali lambat dalam menyelesaikan pekerjaannya.


Keywords


Rumah Sakit, Perawat, Stres Kerja

Full Text:

PDF

References


Almasitoh, U. H. (2011). Stres kerja ditinjau dari konflik peran ganda dan dukungan sosial pada perawat. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(1).

Febriani, S. (2017). Gambaran Stres Kerja pada Perawat di Ruang Rawat Inap Bagian Perawatan Jiwa Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017. Skripsi: Universitas Islam Negri Alauddin Makasar.

Janah, F. E., Zelfino., Angeliana, D., & Situngkir, D. (2017). Hubungan shift kerja perawat dengan stres kerja di instalasi rawat inap pada Rs kanker dharmais tahun 2017.

Khoirunnisa, G. A., Nurmawaty, D., Handayani, R., & Vionalita, g. Gambaran stres kerja pada perawat rumah sakit umum holistic purwakarta.

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Revalicha, N. S. (2014). Perbedaan stres kerja ditinjau dari shift kerja pada perawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Oganizational Behavior (16th ed.).

Siregar, R. N. (2017). Peran Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Di Pelayanan Kesehatan. 7.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta

Sulistyawati, N. N. N., Purnawati, S., & Muliarta, I. M. (2019). Gambaran tingkat stres kerja perawat dengan kerja shift di instalasi gawat darurat RSUD karangasem. EJurnal Medika Udayana, 8(1), 1-6.

Sunarti, E., Supriyati, J., & Junaidi, J. (2021). Hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada perawat pelaksana ruang rawat inap. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1), 20-27.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i2.15867

Article Metrics

 Abstract Views : 39 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadia Nadia, Riza Musni, Rini Julistia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.