Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Emotional Quentiont pada Siswa SMA Negeri 1 Pirak Timu

Nurkhalida Nurkhalida, Hafnidar Hafnidar, Dwi Iramadhani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel, yaitu variabel pola asuh yang terdiri dari pola asuh otoriter, permisif dan  demokratis dengan variabel kecerdasan emosi (emotional quentiont) pada siswa SMA N 1 Pirak Timu. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 123 siswa SMA N 1 Pirak Timu yang diperoleh berdasarkan metode jenuh sampling/total sampling. Hasil analisis data dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat ubungan antara variabel bebas otoriter dengan emotional quentient. terdapat hubungan antara variabel bebas permisif dengan emotional quentient. terdapat hubungan antara variabel bebas otoriter dengan emotional quentient.


Keywords


Pola Asuh, Siswa, Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Erikson, & Eril H. (2010). Chilhood and cociety. Puestaka Pelajar.

Goleman D. (2000). Kecerdasan Emosional : Mengapa EQ lebih penting Dari pada IQ. PT Gramedia Puestaka Uetama.

Goleman D. (2002). Emotional Intelligence. PT Gramedia Puestaka Uetama.

Handoko.H., (2008). Manajemen Personalia dan Suember Daya Manuesia (BPFE Jogjakarta (ed.); 2nd ed.).

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluearga Teoritis dan Praktis. Remaja Rosdakarya.

Huesada K. A. (2013). Huebuengan Pola Asueh Demokratis Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilakue Prososial Pada Remaja. Persona:Juernal Psikologi Indonesia, 2(3), 266–277. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.160

Huerlock, & Elizabeth B. (1994). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Papilia, Olds, & Feldman. (2014). Perkembangan Manuesia. Salemba Huemanika.

Priyatno D. (2011). Buekue Sakue Analisis Data SPSS Kecil Tapi Praktis. MediaKom.

Suegiyono. (2013). Metode Penelitian Kueantitatif, Kuealitatif DAN R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i2.15520

Article Metrics

 Abstract Views : 35 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurkhalida, Hafnidar Hafnidar, Dwi Iramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.