Gambaran Perencanaan Karir Pada Siswa Sma Di Kota Lhokseumawe

Dedek Anandatari Hasibuan, Dwi Iramadhani, Widi Astuti

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk melihat perencanaan karir pada siswa SMA di Kota Lhokseumawe dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui skala perencanaan karir sebanyak 348 siswa SMA di Kota Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karir pada siswa SMA tergolong pada kategori tinggi dengan persentase 57.8% artinya sebagian besar siswa SMA sudah mampu merencanakan karirnya dengan baik sehingga siap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, Siswa menengah dituntut untuk mampu merencanakan karirnya dengan baik sehingga siswa memiliki tujuan karir untuk masa depannya, bagi siswa SMA agar dapat memanfaatkan layanan bimbingan konseling sehingga mampu merencanakan karirnya lebih baik kedepannya dan bagi siswa SMK agar dapat meningkatkan perencanaan karirnya dengan mengeksplor diri kepada hal yang berkaitan dengan karir sehingga mampu merencanakan karir lebih baik kedepannya.


Keywords


PerencanaanKarir,SiswaSMA

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, D., & Mulyadi. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan

Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. 6(2), 52–62.

Andrian, Y., & Rusman. (2009). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013.

–23.

Desmita, E. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Dillard, J, M. (1985). Lifelong Career Planning. Merril Publishing.

Iramadhani, D., Astuti, W., Muna, Z., Utari, M., & Lubis, J. A. (2023). Perencanaan Karir Siswa

SMK yang Mengalami Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. 4(1), 162–170.

Kisti, H, H., & Fardana, N, A. (2012). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas Pada

Siswa SMK. 1(02), 52–58.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan .

Sari, S, N., & Haryono. (2021). Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di

Masa Pandemi Covid-19 Di Sma 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan

Humaniora, 12(1), 51. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46330

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.

Sulusyawati, H., Yusuf, A, M., & Daharnis. (2017). Perencanaan Karier Siswa Di Sma Ditinjau

Dari Status Sosial Ekonomi , Jenis Kelamin , Dan Jurusan. 01(3).

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan Karir di SMK. Dalam E-Book, 1–72.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21 ST Century Skills.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.12990

Article Metrics

 Abstract Views : 212 times
 PDF Downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dedek Anandatari Hasibuan, Dwi Iramadhani, Widi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.