Gambaran kesejahteraan psikologis guru honorer non kependidikan pada tingkat paud dan TK di kabupaten Aceh Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesejahteraan psikologis guru honorer non kependidikan pada tingkat PAUD dan TK di Kabupaten Aceh Utara ditinjau dari usia, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, lama bekerja, dan status pernikahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis univariant. Data diperoleh melalui skala kesejahteraan psikologis Subjek dalam penelitian ini berjumlah seratus delapan puluh delapan dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa guru honorer non kependidikan di Kabupaten Aceh Utara tergolong dalam kesejahteraan psikologis tinggi pada aspek tujuan hidup yang berarti bahwa banyak guru yang mempunyai tujuan hidup dan merasakan adanya makna dalam hidup. Kesejahteraan psikologis tinggi juga diperolah dari faktor usia, pendidikan, pengalaman kerja, lama bekerja, dan status pernikahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa Syukur Kaitannya Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Guru Honorer Sekolah Dasar. Proyeksi, 13(2), 109. https://doi.org/10.30659/jp.13.2.109-122
Fauzi, H., & Syafar, D. (2017). Studi Tentang Kebijakan Guru Honorer Sekolah Dasar Di Yogyakarta. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 162–172.
Gisya, G., Mubarak, M., & Komalasari, S. (2021). Ikhlas Dan Spiritualitas Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Pada Guru Pondok PesantrenIkhlas Dan Spiritualitas Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Pada Guru Pondok Pesantren. Jurnal Al-Husna, 1(3), 248. https://doi.org/10.18592/jah.v1i3.4197
Iriani, F., & Ninawati. (2006). Gambaran kesejahteraan psikologis pada dewasa. Jurnal Psikologi, 3(1).
Istiqomah, N. (2021). Kesejahteraan psikologis guru honorer di SMA Negeri 13 Depok. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.26539/teraputik.51555
Islami Musthafa, A., & Widodo, P. (2013). Psychological Well-Being Ditinjau Dari Dukungan Sosial Pada Santriwan-Santriwati Di Yayasan Al-Burhan Hidayatullah Semarang. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 2(3), 248–257.
Izzati, U. A., & Mulyana, O. P. (2021). Perbedaan Jenis Kelamin dan Status Pernikahan dalam Kesejahteraan Psikologis Guru. Psychocentrum Review, 3(1), 63–71. https://doi.org/10.26539/pcr.31567
Kurniati, G., Hartanti, & Nanik. (2013). Psychological well being pada pria lajang dewasa madya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–17. http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/640
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370.
Pangestuti., Ratna, W., Miftahul, J. E., & Setiawan Farid. (2021). Permasalahan Guru Honorer Terkait Kebijakan Penghentian Rekrutmen Guru PNS Menjadi PPK. Jurnal Inovasi Penelitian 4(1), 6.
Rachman, F. S. N., & Suryana, lelywati I. (2017). Prosiding Psikologi Studi Deskriptif Psychological Well-Being pada Guru di SMA Plus Al-Ghifari Bandung. Prosiding Psikologi, 3(1), 191–198.
Ryff, C. D. (1989). Happiness Is Everything , or Is It ? Explorations on the Meaning of Psychological Well-Being. 57(6), 1069–1081.
Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach to psychological well-being. Journal of Happiness Studies, 9(1), 13–39. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9019-0
Santai, L. F. (2019). PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PEREMPUAN BEKERJA. Jurnal Psikologi, 7, 38–47.
Setiawan, H., & Budiningsih, T. E. (2014). Psychological Well-Being pada Guru Honorer Sekolah Dasar di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Educational Psychology Journal Universitas Negeri Semarang Indonesia, 3(1), 8–14.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i3.12720
Article Metrics
Abstract Views : 170 timesPDF Downloaded : 80 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurbalqis Nurbalqis, Dwi Iramadhani, Ika Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.