gambaran kesejahteraan psikologis pada guru slb di lhokseumawe

rika zahara, Zurratul Muna, Yara Andita Anastasya

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran kesejahteraan psikologis pada guru SLB (Sekolah Luar Biasa) di Lhokseumawe. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sampling total ,teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, dimana data sampel yang digunakan harus memenuhi kriteria inklusi dan eklusi yang ditetapkan.Data yang diperoleh melalui skala ksejahteraan psikologis. Subjek penelitian berjumlah 37 guru SLB dengan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Berdasarkan analisis data penelitian yang diperoleh hasil bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru SLB di lhokseumawe memiliki kesejahteraan psikologis pada kategori rendah. Tetapi presentase pada kategori tinggi dan rendah hampir setara. Sedangkan jika dilihat dari kategori aspek guru yang memiliki kesejahteraan psikologis tertinggi yaitu guru yang banyak menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Keywords


Kesejahreraan Psikologis, SLB, Guru

Full Text:

PDF

References


Eichinger,R.W.,(2014) Learning Agility As A Prime Indicator Of Potential. Human Resource

Planning,27.

Ryff, C.D. (2013). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of

eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83 (1), 10-28.

Ryff, c.d.(1989).Happiness Is Everyting,Or Is It ?Exploration On The Meaning Of Psychological

Well Being. Journal Of Prsonality And Social Psychology.

Gupta, G. & Nafis, N.(2014). Does Marital Ajusment And Psychological Well Being Differences

In Working And Non-Working Female?. The International Journal Of Indian Psychologi

Volume : 01 Issue: 03 ISSN 2348-5396.

Nasution, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Luar Biasa, dan Jenis-jenis

Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Non Formal. 3 (2). 2715-2634.

Yakub. (2020). Pendidikan Informal dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan

Agama Islam. 2527-4082.

Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Kualitatif, dan R&D.Bandung:

Penerbit.Alfabeta.

Zulkifli., & Risma ,(2015)Pemataan Kesejahteraan Psikologis Guru Paud Sekota Pekan

Baru. Jurnal Pendidikan Sosial Budaya,4(1),25-26




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i3.12695

Article Metrics

 Abstract Views : 165 times
 PDF Downloaded : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rika Zahara, Zurratul Muna, Yara Andita Anastasya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.