Gambaran Resiliensi Akademik Pada Mahasisiwa Psikologi Universitas Malikussaleh Yang Sedang Menyusun Skripsi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran ketangguhan diri (resiliensi) pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau (Doctoral dissertation, Riau University). https://www.neliti.com/id/publications/189043/gambaran-ketangguhan-diri-resiliensi- pada-mahasiswa-tahun-pertama-fakultas-kedok#cite
Brougham, R. R., Zail, C. M., Mendoza, C. M., & Miller, J. R. (2009). Stress, sex differences, and coping strategies among college students. Current Psychology, 28(2), 85–97. https://doi.org/10.1007/s12144-009-9047-0
Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: the role of academic self-efficacy. Front. Psychol. 6:1781. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781
Cahyani, Y.E & Akmal, S.Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1) : 32-41. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1822
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76– 82. https://doi.org/10.1002/da.1011310.1002/da.10113
Darmalaksana, W. (2022). Panduan penulisan skripsi dan tugas akhir. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63098
Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020).
Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2). http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541
Imandiri, A., Widyastuti, E., & Jonosewojo, A. (2017). State anxiety inventory score among students with final assignment. Journal of Vocational Health Studies, 1(1), 11-14. http://dx.doi.org/10.20473/jvhs.V1.I1.2017.11-14
Lodewyk, K. R., & Winne, P. H. (2005). Relations among the structure of learning tasks, achievement, and changes in self-efficacy in secondary students. Journal of educational psychology, 97(1), 3. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.97.1.3
Malikussaleh, U. (2020). Buku Panduan Akademik.
Martin, A. J., and Marsh, H. W. (2009). Academic Resilience and academic buoyancy: multidimensional and hierarchical conceptual framing of causes, correlates and cognate constructs. Oxford Review of Education. 35, 353-370. https://doi.org/10.1080/03054980902934639
Mayoral, L. (2006). Exam stress, depression, social support, and sleep disturbance. https://doi.org/10.31979/etd.6yb4-ub4d
Ramadanti, G., & Sofah, R. (2022). Resiliensi akademik pada siswa berdasarkan prestasi belajar. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang (pp. 141-149). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/2875
Reivich K, Shatte A. (2002). The resilience factor; 7 essential skill for overcoming life’s inevitable obstacle. 1st ed. New York: Broadway Books
Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi. https://www.researchgate.net/publication/318128262_Peranan_Optimisme_terhadap_Resiliensi_pada_Mahasiswa_Tingkat_Akhir_yang_Mengerjakan_Skripsi
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung : Alfabeta
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14979
Shinta, D. (2021). Hubungan resiliensi akademik dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angakatan 2015 dan 2016 fakultas psikologi universitas medan area. (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area). http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17233
Shinta, D., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan resiliensi akademik dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 fakultas psikologi universitas medan area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.978
Undang-Undang No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336).
Utami, L. H. (2020). Bersyukur dan resiliensi akademik mahasiswa. Nathiqiyyah, 3(1), 1-21. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.69
Wibowo, U. F. (2018). Resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menempuh skripsi (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41433
Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio Humaniora, 5(1). http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/soshum/article/view/136
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i3.12688
Article Metrics
Abstract Views : 276 timesPDF Downloaded : 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Risna Noviana, Ella Suzanna, Zurratul Muna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.