HUBUNGAN SELF DETERMINATION DENGAN SCHOOL WELL BEING PADA SISWA/I DI SMP ALAM BIREUEN

Cut Putri Masthura, Rini Julistia, Widi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self determination dengan school well being pada siswa/i di SMP Alam Bireuen. Adapun untuk melihat hubungan kedua variabel tersebut, maka peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak tiga puluh siswa/i SMP Alam Bireuen. Pengambilan jumlah sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu sampling total. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan self determination dengan school well being pada siswa/i di SMP Alam Bireuen. Hubungan kedua variabel tersebut ialah positif. Hal ini dapat dipahami bahwa ketika siswa/i memiliki self determination yang baik ditandai dengan adanya motivasi atau dorongan dalam diri untuk mengambil suatu keputusan dengan tepat sehingga dapat mencapai keinginannya saat belajar di sekolah akan membuat siswa/i tersebut merasa nyaman dan bahagia yang mampu meningkatkan school well beingnya menjadi lebih baik.

Keywords


School Well Being, Sekolah Alam, Self Determination

Full Text:

PDF

References


Abdillah, H. Z., Rahman, F., Husna, M., Sitinjak, C., Hidayah, N., & Mujidin, M. (2022). School well-being in terms of self-determination and patience in vocational high school students. International Journal of Islamic Educational Psychology, 3(1), 19–34. https://doi.org/10.18196/ijiep.v3i1.14476

Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). School well-being di Indonesia: Telaah literatur. Jurnal Talenta Mahasiswa, 1(3), 222-228. https://ojs.unm.ac.id/jtm/article/view/222-228

Azwar, S. (2021). Penyusunan skala psikologi. Pustaka Belajar.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01

Geon, S. A. B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dan determinasi diri siswa kelas X SMA Charitas. Psiko-Edukasi, 14(1), 11. https://core.ac.uk/download/pdf/304333641.pdf

Hasbi, I., Sari, D. C., Isnaini, L., Ardiana, D. P. Y., Harahap, D. G. S., Sormin, S. A., Wirdasari, A., Soulisa, I., Falaq, Y., Lestari, A. S., Hasibuan, A. K. H., Putri, D. M., Listriani, D. A., Ningsih, S., Hidayat, D. N., The, H. Y., Tyaningsih, R. Y., Irwanto, & Herak, R. (2021). Perkembangan peserta didik (tinjauan teori dan praktis). Widina Bhakti Persada Bandung. https://books.google.co.id/books?id=V49-EAAAQBAJ

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Istiwidayanti & Soedjarwo, Trans.; 5th ed). Erlangga. (Original work published 1980).

Keyes, C. L. M. & Waterman, M. B. (2008). Dimensions of well-being and mental health in adulthood. Dalam Marc H. Bornstein, dkk. (Ed), WellBeing: Positive development across the life course. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. https://www.psychologymania.com/2019/02/well-being-positive-development-across.html

Khatimah, H. (2015). Gambaran school well-being pada peserta didik program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 20. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485

Khoirunnisa, D. F., Hidayah, N., & Yuzarion. (2022). The influence of academic stress and adversity intelligence on school well-being. Journal of Family Sciences, 6(02), 111–123. https://doi.org/10.29244/jfs.v6i02.38500

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79

Kuswoyo, K., Hidayah, N., & Diponegoro, A. M. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal guru, student engagement dan efikasi diri terhadap school well-being siswa SMPN 1 Semanu Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Syntax Transformation, 2(3), 342–353. https://doi.org/10.46799/jst.v2i3.248

Maulana, H. (2016). Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah alam. Jurnal Khasanah Ilmu, 7(1),21-31. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/download/474/367

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2018). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada University Press.

Murcia, J. A. M., Gimeno, E. C., & Camacho, A. M. (2007). Measuring self-determination motivation in a physical fitness setting; validation of the behavioural regulation in exercise questionnaire-2 (BREQ-2) in a spanish sample juan. The Journal of Sport Medicine and Physical Fitness, 47(3), 366–378. http://exercise-motivation.bangor.ac.uk/breq/spanish.php

Nggili, R. A. (2015). Belajar any where. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=Rd2pCwAAQBAJ

Nilamsari, G. A., Sugara, G. S., & Sulistiana, D. (2020). Analisis determinasi diri remaja. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 4(1), 20-33. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/873/488

Ningrum, I. K., & Purnama, Y. I. (2019). Sekolah alam. Kun Fayakun. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1393/1/BUKU%20SEKOLAH%20ALAM%20PDF.pdf

Nurcahyaningsari, D., & Maryati, L. I. (2018). School well being pada siswa SMP. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 1(1), 152–160. http://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/936

Oktavianda, M., Husein, M, & Nurbaity. (2019). Hubungan determinasi diri dengan sosial support di Dayah Modern Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(4), 81-87. https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/13535

Prabawa, F. R., & Kumalasari, D. (2020). School well-being SD konvensional dengan SD alam. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 49–56. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i2.379

Priyatno, D. (2011). Buku saku analisis statistic data SPSS. MediaKom.

Rahman, F., Abdillah, H. Z., & Hidayah, N. (2020). Determinasi diri sebagai prediktor school wellbeing pada siswa SMP. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1), 94. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6336

Rahmawati. (2022). Hubungan self determination dengan alienasi pada remaja. Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Aceh Utara.

Ramadhani, A. I. (2022). Gambaran school well being pada siswa SMA yang mengikuti organisasi sekolah di Lhokseumawe. Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Aceh Utara.

Rasyid, A. (2021). Konsep dan urgensi penerapan school well-being pada dunia pendidikan. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.705

Rifa’I, M. (2018). Manajemen peserta didik (pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran). CV. Widya Puspita. https://books.google.co.id/books?id=5z0rEAAAQBAJ

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Saifuddin, A. (2020). Penyusunan skala psikologi. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=H4P1DwAAQBAJ&pg=PA96&dq

Shoshani, A., & Slone, M. (2013). Middle school transition from the strengths perspective: Young adolescents’ character strengths, subjective well-being, and school adjustment. Journal of Happiness Studies, 14, 1163–1181. https://doi.org/10.1007/s10902-012- 9374-y

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Susanti, D. A., & Nastiti, D. (2022). Hubungan antara school well being dengan penyesuaian di siswa kelas 10 di sekolah. Academia Open, (6), 1-11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1648

Sutianah, C. (2021). Perkembangan peserta didik. Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id=MpdeEAAAQBAJ&pg

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara dan perkembangan pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Utami, N., Kustati, M., & Zeky, A. A. (2020). Hubungan antara determinasi diri dengan hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 3 Kota Padang. Jurnal Al-Taujih, 6(1), 80–87. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/1756

Qibtiah, E. A., Retnowati, R., & Lalhad, G. H. (2018). Manajemen sekolah alam dalam pengembangan karakter pada jenjang sekolah dasar di School Of Universe. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 626-635. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.789

Wahjusaputri, S., & Purwanto, A. (2022). Statistika pendidikan: Teori dan aplikasi. CV. Bintang Semesta Media. https://books.google.co.id/books?id=jhKtEAAAQBAJ&pg=PA216&dq

Yuniawati, R., & Tarnoto, N. (2019). Pemaknaan school well-being pada siswa SMP: Indigenous research. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 2(2), 111–126. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpib/article/view/4408




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i2.12428

Article Metrics

 Abstract Views : 115 times
 PDF Downloaded : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cut Putri Masthura, Rini Julistia, Widi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.