Gambaran Kebahagiaan Pada Santri Tahfizh Dayah Al-Muslimun Lhoksukon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kebahagiaan pada santri tahfizh dayah Al-Muslimun Lhoksukon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis deskriptif dengan analisis univariat. Data diperoleh melalui skala kebahagiaan yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori Seligman (2005). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 152 santri tahfizh dayah Al-Muslimun Lhoksukon dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 45,4% santri memiliki tingkat kebahagiaan tinggi. sebanyak 40,8% santri memiliki tingkat kebahagiaan rendah. Santri pada tingkat kebahagiaan tinggi memiliki perasaan positif yang lebih dominan, sehingga dapat menjalankan kelima aspek yang dipaparkan oleh Seligman (2005) yaitu menjalin hubungan yang positif, keterlibatan penuh, menemukan makna hidup, optimisme dan resiliensi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliya. R., (2015). Kebahagiaan dan Gender : Tinjauan Kritis Tentang Makna Kebahagiaan Ditinjau dari perspektif gender. Jurnal psikologi islam. 12 (2). https://ejournal.uinmalang.ac.id/index.php/psiko/article/view/6400/0.
Al-Kahil, Abdud Daim. (2010). Hafal Al-Qur’an tanpa Nyantri. Pustaka Arafah.
Fadhillah, E. (2016). Hubungan Antara Psychological Well-Being Dan Happiness Pada Remaja Di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(1), 69–79.
Fauqiyah, E. (2010). Hubungan Religiusitas Dengan Happiness Pada Remaja Panti Asuhan. Universitas islam Negeri Syarif Hidayatullah. Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3416.
Handono, O. T., & Bashori, K. (2013). Hubungan Penguatan Terhadap Disiplin Anak Usia Dini di Paud Pembina 1 Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(2), 79–89.
Intan Lestari, Y., & Palasari, W. (2020). Hubungan Antara Kualitas Persahabatan dengan kebahagiaan pada Santri Pondok Pesantren IIK Riau. Jurnal Psikologi Jambi, 5(2), 17–27. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/download/12637/10965/34886.
Maharani. D,. (2015). Tingkat Kebahagiaan (Happiness) Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/186/16.
Na’imah, dkk. (2017). Orientasi Happiness Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Psikologi Undip. 16(1), 32-39. https://doi.org/10.14710/jpu.16.1.32-39.
Nadhifah, N. U., & Wahyuni, Z. I. (2020). Pengaruh Orientasi Religius, Hardiness, dan Quality of Friendship Terhadap Kebahagiaan Santri.-TAZKIYA: Journal of Psychology, 8(1), 9–22. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v8i1.15270.
Santje, L. F. (2019). PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PEREMPUAN BEKERJA. Jurnal Psikologi, 7, 38–47. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4997 FernySantjeLakoy.pdf.
Seligman. E. P. (2005). Authentic Happiness. Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif. (Terjemahan. Nukman). Mizan Pustaka.
Widiantoro dkk (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Kebahagiaan Santri Penghafal AL-Qur'an. Jurnal Psikologi Integratif. 5 (1).11-18. https://ejournal.uinsuka.ac.id/isoshum/PI/article/view/1381
Zulhimma.(2013) Dinamika perkembangan pondok pesantren di Indonesia. Jurnal Darul Ilmi,1(2), 165-181
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i2.12145
Article Metrics
Abstract Views : 147 timesPDF Downloaded : 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ulya Rifqah, Cut Ita Zahara, Rini Julistia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.