HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN AKTUALISASI DIRI SANTRI YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI DAYAH TERPADU

Nurafiqah Nurafiqah, Rahmia Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara dukungan sosial dengan aktualisasi diri santri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di dayah terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling total dimana karakteristik dari subjek penelitian ini merupakan santri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Subjek penelitian berjumlah 226 orang santri madrasah tsanawiyah swasta (MTSs) di dayah terpadu syamsuddhuha. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan aktualisasi diri yang disusun oleh peneliti sendiri menggunakan aspek dukungan sosial dari Sarafino dan skala aktualisasi diri dari Maslow. Analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan hasil korelasi pearson (r=0.596) dengan hasil yang signifikan (p=0.000) artinya ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan aktualisasi diri pada santri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di dayah terpadu. Dalam hal ini semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi tingkat santri dalam mengaktualisasi diri. Sebaliknya jika tingkat dukungan social yang diterima santri rendah maka tingkat dalam mengaktualisasi diri santri juga rendah.Kata Kunci: Dukungan Social, Aktualisasi Diri.

Keywords


Dukungan Social, Aktualisasi Diri.

Full Text:

PDF

References


Darmiati, S., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2015). Pengaruh ekstrakurikuler dalam membina potensi diri terhadap aktualisasi diri siswa di MA. Jurnal kultur demokrasi. 3(6).

Gustriani., T. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Self Compassion Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Skripsi.

Marhamah, (2018). Pendidikan Dayah Dan Perkembangannya Di Aceh. At-Tadib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 10(1).

Maslow, A., H. (2013). Toward a psychology of being. Penerbit: LLC.

Mediastuti, R & Nurhadianti., Rr., D., D. (2022). Hubungan Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XII SMAN 4 Bekasi. Jurnal Ikraith-Humaniora. 6(2), 31-39.

Mujidah, Anisah, L & Widjanarko, M. (2021). Hubungan Konsep Diri Dan Aktualisasi Diri Dengan Resiliensi Mahasiswa Universitas Selamat Sri Kendal Yang Bekerja. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia. 7(3), 27-36.

Munawarah, Latipun & Amalia, S. (2019). Kontribusi Dukungan Teman Sebaya Terhadap Regulasi Diri Pada Remaja. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. 23(2), 150-163.

Nurhadi. (2017). Pengembangan Aktualisasi Diri Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Pondok Pesantren Aliman Putra Ponorogo. Jurnal Muslim heritage. 2(2), 317-338.

Priyatno. (2011) Buku Saku Analisis Statistic Data Dengan SPSS : Penerbit Media Kom.

Sarafino, E.P. & Smith, T.,W. (2011). Healty psychology. Newyork : willey.

Subakat, R. (2017). Peranan Dayah Dan Meunasah Di Aceh Dalam Membentuk Masyarakat Religius. Jurnal As-Salam. 1(3), 68-79.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Penerbit: Alfabeta.

Wahyuningsih., Z, Mujidin & Yuzarion (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Penerimaan Diri Pada Santri Pondok Pesantren. Psyche 165 Journal. 14(02), 186-191.

Yanti, Adawiah, R & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6( 11).




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11712

Article Metrics

 Abstract Views : 69 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurafiqah, Rahmia Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.