HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM PAGUYUBAN DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan negatif kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban di Universitas Malikussaleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Simple random sampling adalah teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga ratus delapan puluh empat subjek mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban di Universitas Malikussaleh. Analisis data menggunakan Spearman dengan hasil sebesar -0,383, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah dengan arah hubungan yang negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban, sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka semakin tinggi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban di Universitas Malikussaleh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol, M. (2009). Psikologi Kepribadian, edisi revisi. UMM Press.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Rineka Cita.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2020). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
Bukhori, B. (2016). Kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam,6(1),158–186.http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view /200
Chalidaziah, W., Nasir, M., & Nuraida, N. (2021). Kepercayaan Diri Mahasiswa
Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. Psikovidya, 18 (1), 80 98 .https://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/34
Farikhin, M. (2020). Eksistensi nilai-nilai pendidikan islam dalam kegiatan pengabdian pesona ramadhan Ikatan Mahasiswa Pasuruan (IKMAPAS) Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/42083/
Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Pustaka Setia.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Harianti, N. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara
Hasanah, N., & Saugi, W. (2021). Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan umum. Borneo Journal of Islamic Education, I(1),1–12. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjie/a rticle/view/3145
Hudaniah & Dayaksini, T. (2006). Psikologi Sosial. UMM Press Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7025
Kartikasari, M., Noupal, M., & Setiawan, K. C. (2021). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Berkomunikasi pada Mahasiswa Ketika Presentasi. Indonesian Journal of Behavioral Studies,1(1),42–52. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i1.9255
Kasih, D., & Sudarji, S. (2012). Hubungan self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa program studi psikologi Universitas
Kholisin, K. (2014). Kecemasan berbicara ditinjau dari konsep diri dan kecerdasan emosional. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 77–102.
Khoriroh, N., & Muhyadi. (2015). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan
Lauster, P. (2002). Tes kepribadian (alih bahasa: DH Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketigabelas. Bumi Aksara.
Lihawa, A. I. (n.d.). Fungsi Paguyuban Mahasiswa Lampung di Surabaya. 1–12. https://repository.unair.ac.id/67449/13/Fis.ANT.37.17%20.%20Lih.p%20%20JURNAL.pdf
Lisanias, C. V., Loekmono, J. T. L., & Windrawanto, Y. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Progdi Pendidikan Sejarah Uksw Salatiga. Psikologi Konseling, 15(2).
Masduki, H., Abdurohim, S., Permana, A., & others. (2021). Mengasah Jiwa Kepemimpinan: Peran Organisasi Kemahasiswaan. Penerbit Adab.
McCroskey, J, C., Wrench, S, J., & Richmond, V. (2013). Communication Apprehension, Avoidance, and Effectiveness, 6th Edition. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.
McCroskey, J. R., (1984). The Communication Apprehension Perspective. http://www.jamesmccroskey.com/publications/bookchapters/003_1984_C1.p df
Mukhran, D. R. A., Faradina, S., Sari, K., Afriani, A., & Amna, Z. (2021). Pengaruh Relaksasi Otot Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2),185-203. https://doi.org /10.24815/s-jpu.v4i2.22703
Muliani, M., Zahara, S. R., & Azni, A. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Sman 1 Kutamakmur. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 18. https://doi.org/10.29103/relativi tas.v3i2.3343
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Abnormal Psychology In A Changing World 5th. Edition.
Priyatno, D. (2011). Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Mediakom.
Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta.
Rakhmat, J. (2002). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakary
Risnia, D., & Sugiasih, I. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU), 13661373.http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8266/ 3820
Saputri, V. F., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal EMPATI, 6(1),425–430. https://doi.org/10.14710/ empati.2017.15181
Sofiah, D. R. V. (2012). Percaya Diri , Body Image dan Kecenderungan Anorexia Nervosa. Jurnal Psikologi Indonesia, 1 (2), 130–142. http://jurnal.un tagsby.a c.id /index.php/ persona/article/view/39
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Alfabeta.
Suroto. (2016). Dinamika kegiatan organisasi kemahasiswaan berbasis kearifan lokal dalam upaya memperkuat karakter unggul generasi muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(Nomor 2 Nopember 2016), 1040–1046.
Taylor, R. (2013). Kiat-kiat PEDE untuk meningkatkan rasa Percaya Diri. Gramedia Pustaka Utama.
Wahyuni, C., & Costadinov, E. Y. (2020). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Kepercayaan Diri Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(1).
Wahyuni, S. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4), 1–12. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1 i4.351
Wildana, A., & Awaru, A. O. T. (2018). Perilaku Akademik Aktivis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fis UNM Yang Aktif di Organisasi Daerah). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1–6. http://eprints.unm.ac.id/11775/
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11705
Article Metrics
Abstract Views : 439 timesPDF Downloaded : 313 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Rahmawati Limbong, Widi Astuti, Dwi Iramadhani, Nursan Junita, Zurratul Muna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.