GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS 1 TSANAWIYAH DI DAYAH TERPADU AL-MUSLIMUN

sitti rahmah, Ika Amalia, Widi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri pada siswa di Dayah Terpadu Al-Muslimun, untuk memperoleh gambaran penyesuaian diri, metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk membuat suatu deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat. Data diperoleh melalui skala penyesuaian diri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 158 orang siswa yang diperoleh berdasarkan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun memiliki penyesuaian diri yang buruk (53,2%), artinya sebagian besar siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun belum mampu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dan belum mampu menyesuaikan diri dengan kegiatan yang berlaku di lingkungannya, siswa tidak peka dengan masalah dan kesulitan orang lain yang ada di sekelilingnya, siswa juga belum dapat mengembangkan rasa saling membantu dan belum mampu membangun relasi dengan orang lain.


Keywords


Dayah Terpadu, Penyesuaian Diri, Siswa

Full Text:

PDF

References


Ardiyanti, P., & Kasturi, T. (2015). Kemandirian pada Anak Tengah Dari Latar Belakang Budaya Yang Berbeda (Doctoral disertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Dianitrie, A. (2016) Penyesuaian Diri Siswa SMP Kelas VII di SMPIT Thariq Bin Ziyad Bekasi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Karim, H. A., & Salehudin, M. (2021). Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 18(1), 30-43.

Mpu. Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Aceh.

Pertiwi, N. H. (2021). Penyesuaian diri pada siswa Cerdas istimewa di SMA Negeri 09 Semarang. Jurnal Psikologi.

Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal Psikologi kepribadian dan sosial, 2(3), 134-143.

Putro, C., & Murniati, B. (2017). Manajemen Pembelajaran Seni Budaya Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Dayah Terpadu Sma Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(4).

Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pt Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sagita, D. D., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan antara perlakuan orangtua dengan penyesuaian diri siswa di sekolah. Konselor, 2(1).

Schneider, A. (1964). Personal adjusment and mental health. USA: Brosh ublishing company

Siregar, N. S. (2011). Perbedaan kederdasan emosi antara anak sulung dan anak bungsu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental Konsep, Cakupan Dan Perkembangan. C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Wulandari, N. K., & Rustika, I. M. (2016). Peran kemandirian dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa asrama tahun pertama SMK kesehatan Bali Medika Denpasar, Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 232-243.

Wulandari, S. W. (2016). Hubungan antara kesejahteraan psikologis dan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Psiko Edukasi, 14(2), 94-100.

Wulanningrum, D, N. (2011). Hubungan antara Urutan Kelahiran dalam Keluarga dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMA Muhammadiyah I Klaten.

Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur (Doctoral dissertation, Riau University).




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11589

Article Metrics

 Abstract Views : 106 times
 PDF Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sitti rahmah, Ika Amalia, Widi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.