Penyesuaian Diri dan Kompetensi Sosial pada Mahasiswa Perantauan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan kompetensi sosial pada mahasiswa perantauan di Universitas Malikussaleh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik cluster sampling. Subjek penelitian berjumlah 201 orang mahasiswa perantauan tahun pertama yang berasal dari luar daerah Aceh dan masih aktif kuliah di Universitas Malikussaleh. Metode pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek penyesuaian diri dari Schneiders yang terdiri dari 40 aitem dan skala kompetensi sosial yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek kompetensi sosial dari Rose-Krasnors yang terdiri dari 41 aitem. Analsisi data menggunakan teknik korelasi Spearman dengan koefisien korelasi sebesar r= 0,623 dengan p=0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan kompetensi sosial pada mahasiswa perantauan di Universitas Malikussaleh, semakin tinggi kompetensi sosial maka semakin tinggi penyesuaian diri pada mahasiswa perantauan di Universitas Malikussaleh dan sebaliknya, semakin rendah kompetensi sosial maka semakin rendah penyesuaian diri mahasiswa perantauan di Universitas Malikussaleh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanah, T. N. (2017). Hubungan antara Lingkungan Sosial dan Keaktifan Berorganisasi dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY Sebagai Calon Guru. Social Studies, 6(1), 93-103.
Arfah, T. (2014). Rancangan program intervensi social competence dalam rangka efektivitas interaksi mahasiswa di lingkungan sosialnya (pada mahasiswa Universitas Negeri X dan Universitas Swasta Y di Makassar). (Skripsi). https://repository.unpad.ac.id
Bahirah, A., Agustin, R. W., Setyowati, R., & Imaroh, T. S. (2019). Peran Regulasi Emosi dan Perhatian Orang Tua pada Social Problem-Solving Remaja yang Bersekolah Asrama. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 139–146. https://doi.org/10.30653/001.201932.88
Chen, X. (2018). Culture, temperament, and social and psychological adjustment. Developmental Review, 50(September 2017), 42–53. https://doi.org/10.1016/j.dr.2018.03.004
Cristiany, C. (2014). Konsep Diri, Pola Asuh Orangtua Demokratis dan Kompetensi Sosial Siswa. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 9–21. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.365
Dhei, & Fatmawati. (2020). Hubungan antara penyesuaian diri dengan culture shock pada mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) semester pertama di universitas wijaya putra Surabaya. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 1(3), 37–44.
Dryburgh, N. S. J., Khullar, T. H., Sandre, A., Persram, R. J., Bukowski, W. M., & Dirks, M. A. (2020). Evidence Base Update for Measures of Social Skills and Social Competence in Clinical Samples of Youth. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 00(00), 573–594. https://doi.org/10.1080/15374416.2020.1790381
Han, H. S., & Thomas, M. S. (2010). No child misunderstood: Enhancing early childhood teachers’ multicultural responsiveness to the social competence of diverse children. Early Childhood Education Journal, 37(6), 469–476. https://doi.org/10.1007/s10643-009-0369-1
Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara Dukungan SosialTeman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 3(2), 128–135.
Hazadiyah, D., Kardinah, N., Sunardi, I (2012). Hubungan antara kompetensi sosial dan kepercayaan diri pada siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 667-676.
https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.2160Iflah, I., & Listyasari, W. D. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 33–36. https://doi.org/10.21009/jppp.021.05
Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 172-178.
Julistia, R. (2018). Rancangan Intervensi dalam Mencegah Perilaku Seksual Pranikah pada Siswi SMP. Tesis Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpublish).
Karmiana, N. (2016). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau asal Lampung (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/42931
Lestari, A., & Paramitha, S. D. (2020). Efektivitas layanan bimbingan kelompok meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 17–23.
Mehboob, S., & Shahzad, S. (2019). International Students’ Social Adjustment and Self-Esteem: Are they Interrelated? Global Regional Review, IV(I), 186–193. https://doi.org/10.31703/grr.2019(iv-i).21
Muqhniy, C. K., & Amna, Z. (2016). Perbedaan psychological well-being pada remaja obesitas dengan remaja yang memiliki berat badan normal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1(4).
Nuralisa, A., & Astriana, S. (2016). Hubungan antara adversity quotient dan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri mahasiswa perantauan tahun pertama fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Wacana, 8(2), 1-12.
https://doi.org/10.13057/wacana.v8i2.96.
Pratama, M. S. (2021). Effect of CAR, LDR, and NPL on profitability in the Banking Sector. Jurnal Digipreneur (Bisnis Digital, Ekonomi, dan Manajemen), 1(1).Banking Sector. 10, 14–24.
Prima, N. R., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Sains Dan Matematika Undip. Empati, 7(3), 259–264.
Pritaningrum, M., & Wiwin, H. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(3), 134–142. https://eur-lex.europa.eu/legal-content/PT/TXT/PDF/?uri=CELEX:32016R0679&from=PT%0Ahttp://eur-lex.europa.eu/LexUriServ/LexUriServ.do?uri=CELEX:52012PC0011:pt:NT
Priyatno, Dwi, 2011, Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Mediakom, Yogyakarta.
Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi sosial pada remaja. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim, 13(1), 30-40.
Raula, A. (2015). Penyesuaian Diri Mahasiswa Luar Jawa Ditinjau dari Persepsi Lingkungan dan Jenis Kelamin. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 10(1), 10-21.
Rose-Krasnor, L. 1997. The nature of social competence: a theoretical review:
Social Development . Vol. 6. No. 1. 111-129. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.1997.tb00097.x
Rosiana, D. (2011). Penyesuaian Akademis Mahasiswa Tingkat Pertama. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 2(1), 491–496. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/309
Rosidah, A. (2016). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 136–143.
Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(Nomor 3), 217–222. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/20171/19029
Salsabila, N., & Wiwien Dinar Pratisti M Si, P. (2021). Religiusitas, Jenis Kelamin Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p16
Smart, D., & Sanson, A. (2003). Social Competence in its nature and. Australian Institute of Family Studies, 64.
Subroto, U., Wati, L., & Satiadarma, M. P. (2018). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau di Universitas Tarumanagara Jakarta. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 84-101.
Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2015). Gambaran Kompetensi Sosial Siswa Cerdas Istimewa. Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8, 978–979.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: ALFABETA Bandung.
Tabassum, R., Akhter, N., & Iqbal, Z. (2020). Relationship between Social Competence and Academic Performance of University Students. Journal of Educational Research, 23(1), 2020. Doi 1027-9776.
Vidyanindita, A. N., Agustin, R. W., & Setyanto, A. T. (2017). Perbedaan Penyesuaian Diri Ditinjau dari Konsep Diri dan Tipe Kepribadian antara Mahasiswa Lokal dan Perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Self-Adjustment Difference Viewed from Self-Concept and Personality Types among Local and Sojour. Jurnal Wacana, 9(1), 39–52.https://doi.org/10.13057/wacana.v9i2.110.
Widihapsari, I. A. G. K., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Universitas Udayana Yang Berasal Dari Luar Pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 48. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p05
Wijanarko, E., & Syafiq, M. (2017). Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 79. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n2.p79-92
Zsolnai, A. (2015). Social and emotional competence. Hungarian Educational Researcch Journal, 2015(1), 1–10. https://doi.org/10.14413/herj.2015.01.01.
Amalia, K. (2017). Curhat mahasiswa perantau di Aceh. Acehtrend April 13, 2020, from https://www.acehtrend.com/2017/05/30/curhat-mahasiswa-perantau-di-aceh/
Analisadaily. (2016). Unimal Peringkat Pertama Penerima Mahasiswa Bidikmisi. Februari 27, 2020, from https://analisadaily.com/berita/arsip/2016/6/30/247343/unimal-peringkat-pertama-penerima-mahasiswa-bidikmisi/
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i1.10476
Article Metrics
Abstract Views : 766 timesPDF Downloaded : 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dina Ratna Sari, Rini Julistia, Zurratul Muna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.