Gambaran Efikasi Diri pada Guru SLB Non-PLB di Lhokseumawe dan Aceh Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, K. & Afriyeni, N. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap subjective well-being pada guru SLB di kota Padang. Jurnal RAP UNP, 7(1), 36- 43.
Agustina, L. T. & Rozali, Y. A. (2022). Efikasi diri dan ketidakamanan kerja: bagaimana hubungannya? (Studi pada karyawan PT. Z, Tangerang). JCA Psikologi 3(1), 30-37.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.
Caturwangi, D. K., Budiyanto, & Wahyudi, A. (2017). Kompetensi guru SLB non-PLB (Kajian penyiapan dan implikasi kerja). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 79-84.
Hapsari, I. I., & Mardiana. (2016). Empati dan motivasi kerja guru sekolah luar biasa. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 5(1), 48-56.
Hastuti, M. A. (2018). Analisis kompetensi pedadogik guru non PLB di SLB negeri pembina yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(5), 449-455.
Khairiyah, R. M. (2014). Perbedaan efikasi diri guru pendidikan anak usia dini dalam pendidikan inklusi ditinjau dari lama mengajar dan latar belakang pendidikan di Kecamatan Grabag. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/23591/.
Nowak, B. M. (2019). The sense of self-efficacy of teachers working in special schools - A research communiqué. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(10), 161-174.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan pendidikan nasional nomor 32 tahun 2008 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru SLB.
Prastadila, P. & Paramita, P. P. (2013). Hubungan antara emotional intelligence dengan self efficacy guru yang mengajar di sekolah inklusi tingkat dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1), 35-45.
Rachman, F. A., Rahmi, F., & Sembiring, L. A. (2021). Kekuatan karakter pada guru honorer sekolah luar biasa (SLB) kota Padang. Borobudur Psychology Review 1(1), 22-28.
Siyoto, S. & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tusyana, E. (2019). Kompetensi pedagogik guru SLB berlatar belakang pendidikan non pendidikan luar biasa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/38701/
Wulan, D. K., & Apriliani, A. C. (2017). Job demands dan burnout pada guru sekolah luar biasa negeri. Jurnal Psikologi, 6(1), 17-25. https://doi.org/10.21009/JPPP.061.03.
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i1.10434
Article Metrics
Abstract Views : 251 timesPDF Downloaded : 32 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rusydina Sabila, Dwi Iramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.