Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa yang sedang Menyelesaikan Skripsi ditinjau dari Tipe Kepribadian

Nur Ayu Rahmadani, Safuwan Amin, Nur Afni Safarina

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara Tipe kepribadian dengan menyesuaikan diri pada hamasiswa Universitas Malikussaleh. Jumlah sampel dalam penelitian ini tiga ratus delapan puluh lima mahasiswa dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik incidental sampling. Hipotesis penelitian ini terdapat perbedaan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang menyelesaikan skripsi ditinjau dari tipe kepribadian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang menyelesaikan skripsi ditinjau dari tipe kepribadian dengan nilai sig sebesar 0.010 (p<0.05). Mahasiswa tipe kepribadian introvert memiliki kesejahteraan psikologis lebih tinggi dari pada mahasiswa tipe kepribadian ekstrovert, mampu menentukan arah dan tujuan dalam hidupnya, mampu mengatur tingkah laku untuk menentukan nasibnya sendiri serta mandiri dalam menghadapi tekanan sosial dilingkungannya, mengembangkan potensi pribadi mereka dan penilaian positif terhadap kondisi dirinya sendiri serta bersikap positif terhadap kehidupan yang dijalaninya, merupakan nilai rata-rata dari aspek-aspek tujuan hidup, otonomi, pertumbuhan pribadi dan penerimaan diri.


Keywords


kesejahteraan psikologis, tipe kepribadian, mahasiswa, psychological well-being, type personality, collage students

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. UMM Press

Andriyanto, Y. (2019). Pengaruh Game Online Pubg Terhadap Prestasi Nilai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang Skripsi. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2015/G.311.15.0019/G.311.15.0019-15-File-Komplit-20190829070715.pdf

Ardani, T, A., & Istiqomah. (2020). Psikologi Positif Perspektif Kesehatan Mental Islam. PT Remaja Rosdakarya

Aulia, S., & Utami, R. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Awaliyah, A., & Listiyandini, R. P. (2017). Pengaruh Rasa Kesadarn terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 89-101. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498

Azwar, S. (2012). Penyusun Skala Psikologi. Pustaka Pelajar

Bowman, N. A. (2010). The Development of Psychological Well Being Among First-year College Students. Journal of College Student Development. 51(180). https://doi.org/10.1353/csd.0.0118

Chao, R. (2012). Managing Perceived Stress Among College Students: The Roles of Social Support and Dysfunctional Coping. Journal Of College Counseling, 15(1), 5-21. https://doi:10.1002/j.2162-1882.2012.00002x

Dewi, R. K. (2020). Viral Soal Kasus Bunuh Diri Mahasiswa Karena Skripsinya Kerap Ditolak Dosen. Kompas. https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2020/07/15/120405165/Viral-Soal Kasus-Bunuh-Diri-Mahasiswa-Karena-Skripsinya-Kerap-Ditolak-Dosen?Page=All

Etika, N., & Hasibuan, W. F. (2016). Deskripsi Masalah Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 3(1), 40–45. https://doi.org/10.33373/kop.v3i1.265

Latuconsina, F. A., Mariyanti, S., & Safitri. (2020). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Reguler Universitas Esa Unggul Angkatan 2014. Jurnal JCA Psikologi, 1(1), 38–49. https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-tipe-kepribadian-terhadap-kesejahteraan-psikologis-pada-mahasiswa-reguler-universitas-esa-unggul-angkatan-2014-20724.html

Gunawati, R., Hartati, S., & Listiara. (2006). Hubungan Antara Efektivitas komunikasi Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stress dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa . Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), 93–114. https://doi.org/10.14710/jpu.3.2.93%20-%20115

Hervás, G., & Vázquez, C. (2013). Construction and validation of a measure of integrative well-being in seven languages: The Pemberton Happiness Index. Health and Quality of Life Outcomes, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/1477-7525-11-66

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 2(1), 73-80. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Ismuniar, C., & Andiwinata, E. (2021). Gambaran Psychological Well Being Mahasiswa Selama Proses Perkuliahaan Online Guna Untuk Melihat Learning Loss Di Universitas Borneo Tarakan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 7(3), 105-110. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Jung, C. G. (2017). Psychological Types.

Khoirunnisa, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Optimisme dan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.14710/empati.201614936

Lauren, V. (2019). Hubungan Antara Religiositas Dengan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Tugas Akhir Di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Skripsi. Universitas Katolik Seogijapranata Semarang. http://Repository.Unika.ac.id.

Mccrae, R. R., & Costa, P. T. (2003). Personality In Adulthood: A Five Factor Theory Perspective. The Guilford Press. https://Pdfroom.Com/Books/Personality-In-Adulthood-A-Five-Factor-Theoryperspective

Nurcahyo, F. A., & Valentina, T. D. (2020). Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi ? Studi Kualitatif Kesejahteraan Psikologis. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper “Psikologi Positif Menuju Mental Wellness”, 136–144. http://conference.um.ac.id

Pinanggit, J. T., & Novitasari, R. (2018). Hubungan Antara Perilaku Prososial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Baru. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6317

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Gava Media.

Rahmawati, Y. N., & Rahmawati, E. I. (2015). Pengaruh Tingkat Religiusitas Terhadap Psychological Wellbeing Pada Mahasiswa Muslim Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Muhammadiyah Jember. Insight, 11(1), 83-91. https://doi.org/10.32528/ins.v11i1.310

Rahayu, S. (2021). Hubungan Kesepian Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh Yang Mondok Di Dayah. Skripsi. Universitas Malikussaleh.

Ryff. (1989). Happiness Is Everything, or Is It? Explorations on the Meaning of Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069-1081. https://doi.org/10.1037/00223514

Ryff, C. D. (2013). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10–28. https://doi.org/10.1159/000353263

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719

Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach to psychological well-being. Journal of Happiness Studies, 9(1), 13–39. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9019-0

Ryff, C. D.,& Schmutte. P. S. (1997). Personality and Well-Being: Reexamining Methods and Meanings. Journal of Personality and Social Psychology. 73(3), 549-559. https://doi.org/10.1037/0022-3514.73.3.549

Sakinah, N. (2018). Hubungan Antara Pemaafan Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Difabel Tuli. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7836

Saifudin, M. Y., & Hartono, B. (2021). Spiritualitas dan Tipe Kepribadian Berhubungan Dengan Psychological Well Being Remaja di Sekolah Menengah Pertama Yogyakarta. Jurnal Peneltian Perawat Profesional, 3(2), 421-428. http://junal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic Happiness: Using The New Positive Psychology To Realize Your Potential For Lasting Fulfillment. Free Press. Authentic-Happiness-Using-the-New-Positive-Psychology-to-Realize-Your-Potential-for-Lasting-Fulfillment-by-Martin-E.P.-Seligman.pdf

Soewastika, A.W, Safitri, C. B, Anindya, F., & et al (2019). Hubungan Kepribadian Mahasiswa dengan Kesejahteraan Psikologis dari Berbagai Universitas di Indonesia. Jurnal. https://www.researchgate.net/publication/337888758_Hubungan_Kepribadian_Mahasiswa_dengan_Kesejahteraan_psikologis_dari_berbagai_Universitas_di_Indonesia

Sufriana. (2022). Hubungan Kesepian Dan Kebahagian Pada Mahasiswa Berkepribadian Introvert Di Universitas Malikussaleh. Skripsi. Universitas Malikussaleh.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta

Utomo, A. Budi. (2013). Perbedaan Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Dengan Ferekuensi Terkena Bulliying. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. https://www.slideshare.net/JuniorVicentel/jurnal-skripsi-2013.

Utami, E. (2017). Hubungan Tipe Kepribadian Tingkat Kepuasan Interaksi Sosial Lansia. 1–142. http://repost.stikesicme

Widhiarso, W. (2010). Membuat Kategori Skor Hasil Pengukuran dari Skala. Fakultas Psikologi. Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i1.10393

Article Metrics

 Abstract Views : 898 times
 PDF Downloaded : 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Ayu Rahmadani, Safuwan Amin, Nur Afni Safarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.