Game Edu IT: Combining Technology Literacy with an Interactive Approach
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Lina, C. R. S., Istiqlal, I., & Hasanudin, C. (2024, December). Desain Game Mengenal Tanda Baca berbasis Scratch untuk Meningkatkan Pemahaman Membedakan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 2, pp. 693-716).
Ali, M. K., Hasanah, A., Ali, F. F., Sari, N. M., & Fadilah, N. (2024). Inovasi Media Promosi Perbankan Syariah Berbasis Game Edukasi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Scratch. Business and Investment Review, 2(6).
Efriyanti, L., & Zakir, S. (2023). Perancangan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Menggunakan Aplikasi Scratch: Design of Game-Based Learning Media Using the Scratch Application. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 12(3), 153-160.
Perkasa, R. A. E., & Wantoro, J. (2024). Game Edukasi Interaktif Sejarah Kerajaan Hindu-Buddha menggunakan Platform Scratch. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 36-45.
Anis, Y. Y., Mukti, A. B., & Mulyani, S. (2023). Perancangan Game Sederhana Perancangan Game Sederhana Menggunakan Scratch Programming Sebagai Media Pembelajaran Visual Bagi Anak Usia Dini. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(3), 320-327.
Wandri, R., Daulay, S., Arta, Y., Hanafiah, A., & Mardafora, J. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa SMK YKWI Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(1), 14-18.
Abdilana, R., & Gunawan, I. I. (2022). Implementasi Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Scratch. JIIFKOM (Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer), 1(1), 35-40.
Sidiq, R., & Simamora, R. S. (2022). Game edukasi: Strategi dan evaluasi belajar sesuai abad 21.
Bahar, M. N. R., Kasim, S., & Sidik, U. S. (2022). Pengembangan Game Edukasi Tes Potensial Akademik Berbasis RPG Maker di SMAN 1 Sidrap. Information Technology Education Journal, 1(1), 61-65.
Winata, I. G. A. S. P., Artayasa, I. N., & Wibawa, A. P. (2022). Penciptaan aplikasi permainan (game) sederhana berbasis computational thinking dengan memanfaatkan web scratch di SMPN 8 Denpasar. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(02), 152-158.
Rahmadi, L., & Triawan, M. (2021). The Game “Quiz Besemah” Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Budaya Kota Pagar Alam. Journal of Information Systems and Informatics, 3(4), 673-685.
Sulaiman Aula, A. (2020 ). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Student Adventure 2D Menggunakan Scratch 2 Studi Kasus SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Suprianto, A., Wiliani, N., & Nugraha, Y. P. (2019). APPLICATION OF SEA GAME FINDING USING SCRATCH 1.4. Incomtech, 8(1).
Nurdiana, D., Rahadian, D., & Suryadi, A. (2017). Game edukasi pengenalan nama buah dan sayuran dalam bahasa inggris untuk sekolah dasar. Jurnal Teknologi, 198.
Hansun, S. (2014). Rancang bangun permainan interaktif dengan scratch. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 6(1), 40-45
DOI: https://doi.org/10.29103/game.v2i1.20334
Article Metrics
Abstract Views : 41 timesPDF (Indonesian) Downloaded : 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zeny Arsya Fortilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gameology and Multimedia Expert
GAME indexed by
Department of Informatics
Faculty of Engineering
Universitas Malikussaleh
Website : UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
Journal Email : game@unimal.ac.id
Location
Gameology and Multimedia Expert is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.