Hubungan Perilaku Sedentary Lifestyle dengan Status Gizi Remaja Pasca Pandemi Covid-19 pada Siswa MAN Lhokseumawe
Abstract
Pandemi COVID-19 menimbulkan adanya perubahan perilaku gaya hidup, seperti perilaku sedentary lifestyle dan timbulnya pola asupan berlebih karena pembatasan aktivitas sosial hingga berpotensi menyebabkan gangguan status gizi selama pandemi COVID-19. Keberlangsungan berperilaku sedentari selama kurang lebih 2 tahun masa pandemi tersebut berpotensi mempengaruhi gaya hidup dan juga status gizi di kehidupan selanjutnya termasuk anak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku sedentary lifestyle dengan status gizi remaja pasca pandemi COVID-19 pada siswa MAN lhokseumawe dengan melibatkan 78 siswa aktif berusia 15-18 tahun menggunakan desain cross sectional. Hasil analisis univariat didapatkan gambaran perilaku Sedentary Lifestyle pada remaja pasca pandemi COVID-19 terbanyak adalah tinggi yaitu sebanyak 57 orang (73,1%), gambaran status gizi tertinggi adalah kategori normal yaitu sebanyak 47 orang (60,3%). Hasil analisis bivariat menggunakan uji Chi-square dengan mempertimbangkan nilai p>0,05 menunjukkan tidak terdapat hubungan antara perilaku Sedentary Lifestyle dengan status gizi remaja pasca pandemi COVID-19 pada siswa MAN Lhokseumawe dengan nilai signifikansi p-value sebesar 0,068. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku Sedentary Lifestyle dengan status gizi remaja pasca pandemi COVID-19 pada siswa MAN Lhokseumawe.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yuliana Y. Corona virus diseases (COVID-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness Heal Mag. 2020;2(1):187–92.
Kemenkes. Situasi COVID-19. Data dan Informasi Kesehatan. 2020. 1–44.
PP No. 21 Tahun 2020. Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). [Internet]. JDIH BPK RI. 2022 [cited 2022 Jun 7]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135059.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81- 89.
Mattioli AV, Ballerini Puviani M, Nasi M, Farinetti A. COVID-19 pandemic: the effects of quarantine on cardiovascular risk. Eur J Clin Nutr 2020;74(6):852–5.
Vasques C, Mota M, Correia T L V. Prevalence of overweight/obesity and its association with sedentary behavior in children. Port J Cardiol. 2012;31:783–788.
Ashadi K, Andriana LM, Pramono A. Pola aktivitas olahraga sebelum dan selama masa pandemi COVID-19 pada mahasiswa fakultas olahraga dan fakultas non-olahraga. 2020;6(3):713–28.
Kemenkes RI. RISKESDAS 2018. 2018; Available from: Kemenkes RI. Riset Kesehatan dasar Tahun 2018.
Kemenkes RI. Laporan RISKESDAS Aceh 2018. Vol. 59.2018. 278–280.
Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama; 2019.
Of R, Characteristics I. Sedentari Dengan Status Gizi Lebih Pada Mahasiswa. 2022;16(47):55–63.
Stunted A, Tahun U, Kota DI. Journal of Nutrition College,. 2017;6:307–12.
Firmansyah AR, Nurhayati F. Hubungan Aktivitas Sedentari Dengan Status Gizi Pada Siswa Smp Di Masa Pandemi COVID-19. Ejournal Unesa. 2021;09(01):95–100.
Rukmana E, Permatasari T, Emilia E. The Association Between Physical Activity with Nutritional Status of Adolescents During the COVID-19 Pandemic in Medan City. J Dunia Gizi. 2021;3(2):88–93.
Syahfitri, Y., Ernalia, Y., & Restuastuti T. Gambaran status gizi siswa siswi SMP Negeri 13 Pekanbaru. J Chem Inf Model. 2017;53(9):1689–1699.
Arwidya NE, Wahjuni ES. Hubungan Antara Aktivitas Sedentari Dengan Status Gizi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 3 Sidoarjo. J Pendidik Olahraga dan Kesehat. 2021;09(02):449–54.
Muhamad U. Hubungan Antara Aktivitas Sedentari Dengan Status Gizi Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Semen Kabupaten Kediri. Pendidik Olahraga Dan Kesehat. 2019;68:9–12.
DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i3.8256
Article Metrics
Abstract Views : 969 timesPDF Downloaded : 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cut Sarah Faradilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2830-6473 (media online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.