Studi Kasus Sepsis pada Stroke Hemoragik

Chaira Khuntum Roskaraulya, Meutia Maulina

Abstract


Stroke merupakan penyakit gangguan fungsional otak berupa kelumpuhan pada saraf (defisit neurologis) akibat gangguan aliran darah pada salah satu bagian otak. Data di Indonesia memperlihatkan stroke sebagai penyebab Kematian terbanyak ketiga dengan angka kematian sebanyak 138.268 jiwa atau 9,7% dari total kematian. Penyakit stroke dibagi menjadi dua macam yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke hemoragik terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Kondisi tersebut menimbulkan gejala neurologis yang terjadi secara tiba-tiba dan seringkali diikuti gejala akibat efek desak ruang atau peningkatan tekanan intrakranial (TIK). Terdapat risiko tinggi terjadinya sepsis dengan kejadian stroke hemoragik akibat disregulasi respon imun. Hipertensi tak terkontrol merupakan faktor risiko ytang mendominasi pada stroke hemoragik. Penegakan diagnosis memerlukan pemeriksaan Computed Tomography Scan (CT-Scan) yang menjadi gold-standar. Pemeriksaan laboratorium juga perlu untuk memperbaiki faktor risiko yang ada pada pasien. Tindakan  medis  pada  stroke  hemoragik  ditujukan  agar  penderita  tetap hidup   dengan   harapan   perdarahan   dapat   berhenti  secara   spontan.Tindakan medis yang dilakukan pada penderita stroke hemoragik meliputi: tindakan operatif, tindakan konservatif, dan pengendalian peningkatan TIK. Metode yang digunakan adalah menggunakan studi kasus. Studi kasus ini membahas Tn. I 59 tahun dengan stroke hemoragik dengan faktor risiko gaya hidup yang tidak sehat yaitu, merokok dan pola makan yang berlemak dan kolesterol tinggi, serta hipertensi dengan melakukan anamnesa, pemeriksaan fisik, dan penunjang serta melakukan penatalaksanaan dan edukasi yang mungkin diterapkan pada pasien di masa mendatang.


Keywords


Hemoragik, hipertensi, sepsis, stroke

Full Text:

PDF

References


Amelia K. Boehme, Charles Esenwa MSVE. Ischemic stroke: symptoms, risk factors, and prevention. Jurnal Ilmu Kedokteran Medical Tandulako [Internet]. 2017;1(1):60–73.

Hisni D, Saputri ME, Sujarni S. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stroke Iskemik Di Instalasi Fisioterapi Rumah Sakit Pluit Jakarta Utara Periode Tahun

Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer. 2022;2(1):140–9.

Raisa M. Left Hemiparesis e . c Hemorhagic Stroke. Medula. 2014;2 No 4(Juni):70–9.

Soewarno Soegimin Ardi dan Yunia Annisa. Pengaruh Hipertensi Terhadap Terjadinya Stroke Hemoragik Berdasarkan Hasil CT-scan Kepala di Instalasi Radiologi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. MEDISAINS J Ilm Ilmu Ilmu Kesehat. 2017;15(1):39–46.

Qurbany ZT, Wibowo A. Stroke Hemoragik e.c Hipertensi Grade II. J Medula [Internet]. 2016;5(2):114–8.

Morroti A, Phuah CL, Anderson CD. Leukocyte Count and Intracerebral Hemorrhage Expansion Stroke. Stroke AHA. 116.013176. 2016.

Matyas Jelinek, Kamil Duris,Inflammatory response in sepsis and hemorrhagic stroke, Brain Hemorrhages, Volume 4, Issue 2, 2023, Pages 96-107, ISSN 2589-238.

Putra, I. M. P. "Pendekatan Sepsis dengan Skor SOFA." Cermin Dunia Kedokteran, 2018. vol. 45, no. 8.

Sampath S, Baby J, Krishna B, Dendukuri N, Thomas T. Blood Cultures and Molecular Diagnostics in Intensive Care Units to Diagnose Sepsis: A Bayesian Latent Class Model Analysis. Indian J Crit Care Med. 2021 Dec;25(12):1402-1407.

Soebandi AT, Jember H. NurseLine Journal. 2017;2(2).

Tamam, B. Faktor Risiko Terhadap Kejadian Stroke Di RSUD Dr. Koesnadi

Bondowoso. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah. Bondowoso. 2020.

Kesuma, N.M.T.S., Dharmawan, D.K. & Fatmawati, H. Gambaran Faktor Risiko Dan Tingkat Risiko Stroke Iskemik Berdasarkan Stroke Risk Scorecard Di RSUD Klungkung. Jurnal Intisari Sains Medis. 2019. Vol. 10, (3) 720-729.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v3i4.18803

Article Metrics

 Abstract Views : 11 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Chaira Khuntum Roskaraulya, Meutia Maulina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.