Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Pencegahan Penyakit Ispa Pasca Bencana Banjir di Desa Kumbang Kecamatan Lhoksukon

Rahmi Inayati, Dira Putri Nabila, Wheny Utariningsih, Nina Herlina

Abstract


ISPA merupakan penyakit yang berbahaya dan cenderung dapat mengakibatkan epidemi serta pandemi, sebab penyebaran dari penyakit ini sendiri dapat dengan mudah menular melalui droplet atau cairan yang dihasilkan dari batuk serta bersin. ISPA muncul akibat dari udara yang sangat dingin yang memicu aktifnya koloni kuman di dalam tubuh sehingga menimbulkan terjadinya infeksi saluran pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap pencegahan penyakit ISPA pasca bencana banjir di Desa Kumbang Kecamatan Lhoksukon. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan responden sebanyak 115 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Hasil didapatkan bahwa untuk distribusi usia paling banyak yaitu golongan lansia sebanyak 61 responden (53,0%), ditribusi jenis kelamin paling banyak yaitu berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 64 responden (55,7%), distribusi pendidikan paling banyak yaitu golongan  SMA/Sederajat dengan jumlah 37 responden (32,2%), distribusi pekerjan paling banyak yaitu golongan tidak bekerja/IRT berjumlah 31 responden (27,0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengetahuan masyarakat menunjukkan dalam kategori baik (78,3%) dan sikap masyarakat menunjukkan dalam  kategori positif (97,4%). Hasil analisis statistik menunjukan p value < 0,05, kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara pengetahuan masyarakat terhadap pencegahan penyakit ISPA pasca bencana banjir di Desa Kumbang Kecamatan Lhoksukon dan juga adanya hubungan antara sikap dan pencegahan penyakit ISPA pasca bencana banir di Desa Kumbang Kecamatan Lhoksukon.


Keywords


pengetahuan, sikap, pencegahan, ISPA

Full Text:

PDF

References


Hamida FN, Widyasamratri H. Risiko Kawasan Longsor dalam Upaya Mitigasi Bencana Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Pondasi; 2019; 24(1), 67– 89.

Islmay U, dkk. Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Dampak Bencana Banjir tahun 2017-2020 Menggunakan K-Medoids. Universitas Islam Indonesia; 2022..

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kejadian Bencana Tahun 2021. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2020

Linda. Banjir dan Kebakaran menjadi Bencana yang paling banyak terjadi di Awal Tahun 2022 [Internet]. 2022[cited on 28 Juli 2022]. Available from: https://bpba.acehprov.go.id/index.php/news/read/2022/02/03/1899/banjirdan-kebakaran-menjadi-bencana-yang-paling-banyak-terjadi-diawal-tahun.2022.

Dungga EF. Dampak Bencana Banjir Terhadap Kesehatan Masyarakat Talolo Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo; 2020.

WHO. Pusat Pengobatan Infeksi Saluran Pernapasan Atas Berat. 2020.

Purba MV. Pengaruh Pengetahua Dan Sikap Masyarakat Terhadap Pencegahan Penyakit ISPA Pasca Bencana Banjir Di Kelurahan Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematang Siantar. Universitas Sumatera Utara. 2013.

Muflihatunnisa A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhaddap Upaya Pencegahan ISPA Pada Balita Di Posyandu Kagongan Wilayah Kerja Puskesmas Kalibawwang Kulon Progo. Universitas Aisyiyah; 2020.

Putri TL, dkk. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Protocol Kesehatan Pada Orang Tua Di Rw 03 Kampung Gombong. STIK Immanuel Bandung; 2022.

Ainiyah N, dan Handayani D. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Ispa Dengan Sikap Ibu Tentang Pencegahan Penularan ISPA Pada Bayi Usia 0-12bulan Di Puskesmas Pandaan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya; 2017.

Salim M, dkk. Pelaksanaan G1R1J dengan Pola Pendampingan Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Masyarakat Dalam di Kota Jambi. Jurnal Ekologi Kesehatan. 2020.

Taarelluan KT. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Tindakan Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Di Desa Tataaran Kecamatan Tondano Selatankabupaten Minahasa. 2016

Mendur F, Sarimin S, dan Saban LDN. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Kejadian ISPA Pada Balita Di Puskesmas Perawatan Nusa Jaya Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. 2019.

Mamengko VAL, Engkeng S, dan Asrifuddin A. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Tindakan Pencegahan ISPA Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Teling Atas Kota Manado; 2017.

Qasim, dkk. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Antang Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis. 2018.

Fauzi F, dkk. Hubungan Sikap Dengan Perilaku Ibu Tentang Pencegahan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Balita di Gampong Lam Lumpu Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar. Universitas Abulyatama. 2018




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i4.17768

Article Metrics

 Abstract Views : 64 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmi Inayati, Dira Putri Nabila, Wheny Utariningsih, Nina Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.