Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Mereduksi Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Korban Gempa Bumi

Rahmi Inayati, Nurul Julita Hasanah Harahap

Abstract


Bencana alam seperti gempa bumi memberi dampak negatif baik secara fisik, sosial maupun psikologis. Gempa bumi dapat memiliki dampak negatifyang signifikan pada mental manusia, terutama dalam hal PTSD dan gangguan kecemasan pasca-trauma. Penulisan ini menggunakan metode literature review dengan identifikasi, evaluasi, serta interpretasi terhadap semua hasil penelitian terkait topik tertentu. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan, dapat dilihat bahwa Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satu diantaranya yaitu korban yang pernah mengalami peristiwa gempa bumi. Dari berbagai teknik konseling akibat PTSD ini dapat disembuhkan melalui pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT). CBT adalah pendekatan konseling yang menitik beratkan pada pembenahan kognitif yang menyimpang akibat kejadian yang merugikan dirinya baik secara fisik maupun psikis.


Keywords


Disaster, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Full Text:

PDF

References


Roji, A. F. Implementasi Konseling Individu dengan Pendekatan Terapi Realitas untuk Menangani Trauma Pasca Kecelakaan pada Mahasiswa (Studi di Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.2022.

Nihayah, U., Nafisa, A., & Qori'ah, I. Konseling traumatik: sebuah pendekatan dalam mereduksi trauma psikologis. 2022

Armando, F. T., Aguspita, H. D., Aprrilia, Emma, H., Arsyad, kurniawan R., & Supiatun. (2020). DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf11nk407 Efektifitas. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11(2). 2020. 38–42 p

Rimayati, E. (2019). Konseling Traumatik Dengan CBT: Pendekatan dalam Mereduksi Trauma Masyarakat Pasca Bencana Tsunami di Selat Sunda. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Theory and Application, 8(1). 2019. 55-61p

Safitri, R. P., Jumadi, J., Romadonika, F., & Pratiwi, E. A. Mencegah Trauma Pasca Bencana Gempa Bumi pada Anak dengan Terapi Rekreasional di Lombok Utara. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1). 2021. 93-98 p

Maulida, D., & Fitriyani, N. (Mereduksi Trauma Akibat Bencana Gempa Bumi Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy. Jagratara: Journal of Disaster Research, 1(1). 2023. 33-38 p.

Yulianti, N., & Meilano, I. Analisis pola seismisitas di kawasan Gempa Bumi Mamuju Sulawesi Barat. Berkala Fisika Indonesia, 21(3). 2020. 131-13 p

Utariningsih W, Sofia R, Talib IF, Saifullah T. The preparedness of school community in facing tsunami disaster in Lhokseumawe City. InE3S Web of Conferences 2021 (Vol. 331, p. 04002). EDP Sciences.

Mutmainnah. Penerapan Konseling Traumatik Untuk Mengurangi Sindrom Pasca Trauma Korban bencana Lumpur Lapindo Pada Siswa Kelas VIII A SMP Tri Bakti Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 3(1). 2013.

Kusumawardhani, N., & Utomo, A. B. Post-earthquake psychosocial recovery: A qualitative study in Lombok, Indonesia. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(3). 2019. 1291-1295 p

Alita, D. Pengalaman Post Traumatic Stress Disorder Pada Anak Korban Kekerasan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11 No 4(Oktober). 2021. 746–756 p

Wahyuni, H. Faktor Resiko Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Anak Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1). 2016. 1–13 p

Arsih, S., & Karneli, Y. Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Untuk Mereduksi Trauma Korban Bencana Alam. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran , 1 (1). 2022. 120-126 p




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i4.17475

Article Metrics

 Abstract Views : 7 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmi Inayati, Nurul Julita Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.